Keragaman Budaya Ditampilkan saat Pembukaan Porprov Banten VI

Palapanews.com Pergelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten tahun 2022 yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang resmi dibuka.

Pembukaan Porprov VI Banten berlangsung dengan lancar dan amat meriah, di mana acara diawali tampilan dari grup band NTRL mengiringi defile kontingen dari delapan kota kabupaten se-Provinsi Banten yang berlangsung mulai 20 November sampai 29 November 2022.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah dalam sambutannya mengungkapkan, pembukaan Porprov Banten ini menampilkan keanekaragaman budaya di Provinsi Banten dan digambarkan dalam tarian kolosal yang dipersembahkan oleh para ratusan penari dari berbagai sanggar yang ada di Kota Tangerang.

“Terima kasih untuk saudara saudara dari berbagai kota kabupaten yang telah datang ke Kota Tangerang. Selamat menikmati suguhan budaya dari kami,” ungkap Wali Kota saat Pembukaan Porprov VI Banten, Minggu, 20 November 2022.

Wali Kota menerangkan, pembukaan Porprov VI Banten didukung dengan penampilan dari 1.450 pendukung acara, mulai dari penari hingga marching band.

“Semoga bisa menjadi motivasi bagi para atlet untuk dapat menampilkan kemampuan terbaiknya,” terang Wali Kota.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menambahkan, semoga dalam Porprov Banten ini semangat para atlet yang bertanding akan terus menyala dan berkobar seperti nyala api yang akan dinyalakan di Stadion Benteng Reborn.

“Semangat itu juga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang dan menjadikannya motivasi untuk membantu kelancaran dan kesuksesan perhelatan Porprov VI Banten tahun ini. Semangat terus dan selamat bertanding kepada seluruh atlet, semoga dapat meraih prestasi terbaik,” papar Sachrudin seraya menambahkan, semangat juga untuk seluruh panitia penyelenggara dan juga masyarakat agar dapat menjadi tuan rumah yang baik dan memberikan kesan yang baik untuk semuanya.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengungkapkan, acara pembukaan Porprov VI Banten di Kota Tangerang digelar dengan luar biasa dengan berbagai suguhan yang menarik untuk masyarakat Banten.

“Tak lupa untuk kebersamaan dari kepala daerah di Banten untuk bersama memajukan olahraga di Provinsi Banten,” tutup Al Muktabar.

Sementara itu, penampilan tari kolosal Wangkawa Bumi Surosoan dikolaborasikan dengan Marching Band dan Rampag Bedug dalam pembukaan Porprov Banten. Diketahui, penampilan tarian kolosal dihadirkan dengan konsep kebudayaan delapan kabupaten kota se-Provinsi Banten. Dengan melibatkan 300 orang penari yang terdiri dari seniman maupun sanggar yang ada di Kota Tangerang.

Penampilan tari kolosal Wangkawa Bumi Surosoan yang berlangsung sekitar 20 menit berhasil menarik perhatian ribuan penonton. Berhasil memukau serta mematik detak kagum penonton yang memenuhi seluruh tribun Stadion Banten Reborn Kota Tangerang.

Kepala Disbudparman Kota Tangerang, Rizal Ridollah mengatakan, tarian ini menggambarkan kehidupan masyarakat Provinsi Banten, untuk hidup berdampingan satu sama lain. Lewat tari kolosal ini juga menggambarkan kekayaan budaya delapan kabupaten kota di Provinsi Banten.

“Lewat gerak tari kita berupaya menggambarkan kota kabupaten di Provinsi Banten. Seperti Kabupaten Tangerang dengan ciri konsep Tigaraksa sedangkan Kota Tangerang yaitu Poris yang merupakan jawara perempuan. Begitu juga dengan kota kabupaten lainnya,” jelasnya.

Rizal berharap, dengan penampilan tari kolosal Wangkawa Bumi Surosoan dapat menghadirkan rasa kesatuan satu sama lain antar kota kabupaten di Provinsi Banten.

“Stadion Benteng Reborn diharapkan dapat menjadi saksi nyata kesatuan kota kabupaten di Provinsi Banten, tak hanya kebersamaan dan sportivitas lewat ajang olahraga saja, namun kesatuan yang nyata lewat keindahan tari,” jelas Rizal.(Adv)

Komentar Anda

comments