Swadaya, Gotong-royong Warga Ranca Indah RT.05/RW.02 Serpong Bangun Jalan Lingkungan

Palapanews.com – Warga RW.02 Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan terus membenahi kondisi lingkungan permukimannya. Kali ini, dengan swadaya warga tengah membenahi jalan-jalan lingkungan.

Warga di Kampung Ranca Indah RT.05/RW.02 Kelurahan Serpong menunjukan kepedulian terhadap lingkungannya dengan melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan antar gang. Jalan lingkungan sepanjang 40 meter dengan lebar 2,4 meter tengah dibangun menggunakan dana swadaya warga sendiri.

Pengerjaan jalan pun dilakukan secara bergotong-royong oleh Warga Kampung Ranca Indah dan sekitarnya pada hari Minggu 9 Oktober 2023. Ruas jalan dibangun menggunakan material paving block  sehingga kini tampak rapih dan bisa dilalui dengan nyaman olah warga yang melintas. Selain itu penggunaan paving block juga diakui ramah lingungan karena mampu menyerap air.

Menurut Ketua RW.02 Serpong Abdul Manap, pembuatan jalan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan warga dengan pemilik tanah. Awalnya, jalan ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, tapi sekarang sudah dapat dilalui kendaraan roda empat.

“Selain bermanfaat buat umum, juga dapat menaikkan nilai ekonomi warganya. Kami mengucapkan banyak terima kepada semua pihak yang terlibat. Semoga jalan ini, dapat bermanfaat baik untuk warga dan juga warga lain yang memanfaatkan jalan ini,” beber RW Mason, panggilan sehari-hari Ketua RW.02, yang terpilih kembali untuk kedua kalinya ini, Minggu (9/10/2023).

Baca juga : SDIT Al-Amanah Serpong Roda Hias Gelar Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Sementara itu Ketua RT.05/RW.02 Solihin mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Warga Kampung Ranca Indah RT.05/RW.02 Serpong yang sangat peduli terhadap lingkungannya. Untuk sumber dananya berasal dari urunan warga baik kebutuhan pembelian material dan konsumsi.

“Jalan ini adalah jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan warga  luar yang melintas, baik untuk kegiatan rutinitas dan juga untuk kegiatan perekonomian warga,” ucapnya.

Diakui Solihin, warga menyambut baik dengan adanya penataan jalan tersebut, warga terlihat semangat dan atusias bergotong-royong.

“Ini, sudah menjadi budaya di masyarakat kita, untuk menjalin kekompakan antara pengurus lingkungan dan warganya agar lingkungan menjadi tertata. Kalau Bukan Kita Siapa Lagi!” tegasnya. (bd)

Komentar Anda

comments