Berfilsafat Politik

Palapanews.com – Politik adalah diskursus perkara tata kelola hidup bersama. Dalam konteks Indonesia politik tidak mungkin dicabut dari akar sejarah peziarahannya sebagai bangsa. Sebagai bangsa kita diberkati Tuhan dengan kekayaan identitas kultural di satu pihak, tetapi di lain pihak juga bergumul karena konflik dan ketegangan berkaitan dengan itu.

Societas Indonesia mengalami dinamika ups and downs yang konstruktif-dekonstruktif naif dan bernilai sekaligus secara kompleks dalam perjalanannya di track horison yang benar, yaitu menjadi societas dialogal, societas “kita.” Aneka uraian refleksif-filosofis buku ini memiliki bahasa lugas dan jernih. Mengangkat peristiwa sehari-hari secara tajam.

Berfilsafat Politik menawarkan cara-cara baru dan mendalam untuk mengenali duka dan kecemasan societas, memaknai pengalamannya secara kaya, mengritik kenaifannya, serta membela otentisitas kebenarannya dalam tata kelola hidup bersama. Jika politik tanpa filsafat, yang ada kedangkalan, kesempitan, dan kepengapan pola pikir dan tata hidup.

Dengan filsafat, politik menjadi rasional, manusiawi, dan memesona. Berfilsafat Politik layak menjadi bacaan wajib para politikus, mahasiswa, cendekia, pemimpin dan peminat politik serta praktisi kemasyarakatan. (gpu/red)

Komentar Anda

comments