Implementasikan Nilai-nilai Pancasila, Badan Kesbangpol Kota Tangerang Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

Palapanews.com- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang menggelar Seminar Wawasan Kebangsaan dalam rangka HUT Pancasila 2022 yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari Organisasi Masyarakat, Partai Politik, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa serta tokoh Agama.

Kegiatan yang bertema “AKTUALISASI PANCASILA untuk mewujudkan rasa Nasionalisme Semangat Gotong Royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” ini hadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin yang berlokasi di Ruang Al Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu, 15 Juni 2022.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, R. Irman Pujahendra mengatakan, seminar wawasan kebangsaan ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan yang bertujuan untuk pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila, Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Langkah ini juga untuk membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan pendidikan wawasan kebangsaan tingkat lokal, nasional dan regional sesuai perundangan,” kata Irman Pujahendra.

Dalam mewujudkan pelaksaan program pendidikan wawasan kebangsaan, lanjut Irman, Badan Kesbangpol telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya melaksanakan kegiatan pelatihan bela negara sebanyak 550 orang yang mewakili berbagai latar belakang profesi mulai dari ASN, mahasiswa, pelajar, dan unsur organisasi kemasyarakatan serta SDM partai politik. Membentuk 24 kampung Rukun Pancasila. Melaksanakan cerdas cermat 4 konsensus dasar kebangsaan bagi pelajar. Dan, melaksanakan lomba Orasi kebangsaan tingkat nasional sebanyak 37 orang peserta yang mewakili berbagai daerah di Indonesia.

Seminar Wawasan Kebangsaan dalam rangka HUT Pancasila 2022. Foto: Ydh

Untuk mewujudkan Kota Tangerang menjadi kota Pancasila, kata Irman Pujahendra, maka Badan Kesbangpol berencana untuk melaksanakan berbagai kegiatan yakni mendorong dibuatkan Peraturan Derah tentang wawasan kebangsaan. Melaksanakan kegiatan road show ke lembaga pendidikan yang ada di Kota Tangerang dan mensosialisasikan 4 konsensus dasar kebangsaan. Dan, mendirikan Tugu Pancasila sebagai identitas Kota Tangerang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menyampaikan, urgensi pemahaman kebangsaan di era modernisasi saat ini sangat diperlukan untuk terus memupuk sikap nasionalisme dan cinta tanah air bagi generasi muda.

“Kemajuan era saat ini harus bisa disikapi dengan bijak oleh kaum muda khususnya dalam hal bela negara,” ujar Sachrudin.

Sachrudin menjelaskan, bahwa aksi bela negara melalui aktualisasi Pancasila harus terus dilakukan selaras dengan perkembangan zaman di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Lakukan dari hal sederhana seperti gotong royong, kerja sama dan toleransi di tengah masyarakat. Seperti halnya saat ini situasi kasus Covid-19 Kota Tangerang yang semakin membaik juga berkat gotong royong dan kebersamaan seluruh masyarakat,” ungkap Sachrudin.

Wakil Wali Kota Tangerang juga memberikan hadiah penghargaan. Foto: Ydh

Dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Tangerang juga memberikan hadiah penghargaan kepada pemenang Lomba Orasi Kebangsaan yang merupakan rangaian acara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022. Kegiatan lomba tingkat nasional tersebut diikuti oleh puluhan mahasiswa dari seluruh Indonesia dan terpilih juara pertama asal Kota Tangerang yakni Ahmad Dhiyas Alpasya, mahasiswa Universitas Trisakti Jakarta.

Diketahui, dalam seminar kebangsaan tersebut menghadirkan lima narasumber yakni Yayat Sugiarti Herman (Wakil Ketua TP PKK Kota Tangerang), Leo Evriansyah, S.STP, M.Si (Analis Kebijakan Madya BPIP), M.Ivan (Kasubsi Intel Kejaksaan Negeri Tangerang), Kompol Yanmiko Sianturi (Kasat Intelkam Polres Metro Tangerang), Lettu Arh Afif Aili Haini (Dan Unit Intel Kodim 0506/Tgr). (adv)

Komentar Anda

comments