Soal Pakaian Tanding Atlet Popda, Ini Penjelasan Kadispora Kota Tangerang

Palapanews.com- Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang angkat bicara terkait pakaian (baju) tanding atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) X tingkat Provinsi Banten yang dilakukan secara tender.

Menurut Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang menerangkan, dalam proses lelang pakaian tanding sempat gagal, lalu dilakukan lelang kembali disertai adanya pendampingan dari aparat penegak hukum (APH).

Hal ini dilakukan lantaran pakaian tanding yang digunakan oleh para atlet ini sifatnya ready stok (tersedia di pasaran/agen), sehingga waktu yang butuhkan tidak terlalu lama dalam proses pengadaannya.

ā€œJarak atau waktu yang dibutuhkan oleh pemenang lelang memang sangat dekat, tapi pakaian tanding ini tersedia stoknya di pasaran atau agen. Dan, bukan untuk dibuat pakaian itu atau di impor,ā€ tegas Kaonang, Minggu, 5 Juni 2022.

Pria yang pernah menjabat sebagai Camat Pinang ini juga menambahkan, dalam proses pengadaan ini, pihaknya juga belum melakukan pembayaran sepeser pun kepada pemenag lelang. Sebab, proses pekerjaannya belum selesai.

ā€œSelesaikan dahulu pekerjaannya,ā€ ujar Kaonang secara singkat.

Untuk mendukung kualitas pakaian tanding dalam POPDA X tingkat Provinsi Banten yang berlokasi di Kota Serang ini, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tangerang juga melibatkan cabang olahraga (cabor) dalam penentuan speak pakaian.

ā€œBarang tidak hanya diperiksa oleh panitia pemeriksa barang, tapi cabor juga memeriksanya karena yang menentukan speak pakaian adalah cabor masing-masing,ā€ pungkasnya.

Sebelumnya, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, khusunya pakaian kontingen dan pakaian tanding untuk berlaga di POPDA X tingkat Provinsi Banten.

Namun, dalam persiapan untuk mensukseskan POPDA X tingkat Provinsi Banten tersebut terdapat kejanggalan, khususnya dalam pengadaan (tender) pakaian tanding POPDA dengan total nilai HPS sebesar Rp 866.421.191,60.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Poros Tangerang Solid (Portas), Hilman Santosa, Minggu, 5 Juni 2022.

Menurut Hilman Santosa, dalam pengadaan pakaian tanding dilakukan dengan sistem tender, dan pemenang tender baru melakukan tanda tangan kontrak berdasarkan data dari LPSE Kota Tangerang mulai 23 Mei 2022 hingga 27 Mei 2022, sehingga dibutuhkan waktu untuk menyediakan pakaian tanding dari berbagai cabang olahraga (cabor).

“Pengadaan tender baru saja selelesai (tanda tangan kontrak), tapi kenapa pakaian tanding sudah siap digunakan oleh para atlet Kota Tangerang,” imbuh Hilman.(ydh)

Komentar Anda

comments