Ini, Pemenang 5 Kategori Kompetisi UCIFEST 13

Palapanews.com – Dewan Juri UCIFEST 13 yang terdiri dari lima orang telah menentukan pemenang 5 kategori kompetisi UCIFEST 13. Pemberian penghargaan berlangsung pada Minggu, 15 Mei 2022.

UCIFEST 13 digelar selama 6 hari, 10-15 Mei 2022 secara daring melalui Zoom dan Youtube live stream. UCIFEST 13 ditutup dengan pemberian penghargaan pada Minggu, (15/5/2022).

Adapun Dewan Juri UCIFEST 13 terdiri dari; Olin Monteiro (aktivis perempuan dan produser dokumenter), Mian Tiara (penata musik dan pemain film), Rahabi Mandra (sutradara dan penulis scenario), Michaela C. Levi (sutradara animasi), dan Eki N.F. (sutradara animasi).

“Kategori Animasi Pelajar Terbaik, dimenangkan oleh film “Wabah” sutradara Fajar Anis Atmojo dari SMKN 8 Kota Bekasi. Juri menyatakan pesan film yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, membahas isu yang marak saat ini cyber bullying. Konsep visual yang sederhana membuat pesan film ini lebih terasa,” beber Leonardo Soegirman, Panitia Bagian Divisi Public Relation UCIFEST 13.

Baca juga: UCIFEST UMN Kembali Digelar, 199 Film Jadi Peserta

Selanjutnya diinformasikan untuk Kategori Animasi Mahasiswa Terbaik, dimenangkan oleh film “Langit-langit Toples Kaca” sutradara Jason Tirtanegara dari Universitas Multimedia Nusantara. Menurut juri film ini, berhasil menceritakan isu yang berat tentang pernikahan dini dan konsekuensinya sekaligus menyentuh emosi.

“Kategori Fiksi Pelajar Terbaik, dimenangkan oleh film “Ondel Oh Ndel” sutradara Nahata Def Fathan dari SMAN 48 Jakarta. Pernyataan juri: Cerita film ini sederhana tapi penuh dengan keajaiban. Hubungan emosional ayah dan anak yang menggelitik,” jelas Leonardo.

Kemudian juga ada Kategori Fiksi Mahasiswa Terbaik, yang dimenangkan oleh film “Bapa Polah, Anak Kepradah” sutradara Achmad Faishol dari ISI Surakarta. Isu yang dinyatakan oleh film ini mencerminkan denyut nadi masyarakat disampaikan dengan lancar dan mengena. Mempertontonkan dialog yang cerdas dan diakhiri dengan puitik.

Sementara itu di Kategori Dokumenter Mahasiswa Terbaik, dimenangkan oleh film “Ibu Periku” sutradara Eduardus Steven Irawan dari Universitas Multimedia Nusantara. Film ini dinilai juri: secara teknis terbatas, namun film ini secara tepat menuturkan cerita perjuangan seorang perempuan dengan sederhana dan menggugah.

“Selain itu, dewan juri juga memberikan Special Mention Jury untuk tiga kategori,” tambah Leonardo lagi.

Ketiga kategori ini masing-masing; Kategori Dokumenter Mahasiswa: Katura (sutradara Joyo Luqman, Jogja Film Academy), . Kategori Fiksi Pelajar: Cap Jempol (sutradara Nabila Nur Fajrin, SMA Negeri 2 Purbalingga), dan Kategori Fiksi Mahasiswa: Memorabilia (sutradara Albertus Nico Wicaksono, Jogja Film Academy) Untuk Kategori Film Favorit UCIFEST 13, diraih oleh Sang Hyang Widhi (sutradara Kenzie Reza Hehanussa, Universitas Multimedia Nusantara). (rls/bd)

Komentar Anda

comments