Analisis Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Strategis – Setyo Riyanto

Palapanews.com – Siapa pun Anda, di mana pun, dan apa pun pekerjaan Anda, pastilah Anda akan sering dihadapkan pada berbagai pengambilan keputusan. Bila dampak dari apa yang Anda putuskan dapat memengaruhi kesinambungan organisasi, atau pihak-pihak yang ada di dalam organisasi, baik yang bersifat menguatkan maupun melemahkan, buku ini wajib Anda miliki dan baca.

Buku ini memberikan petunjuk bagi para pengambil keputusan dalam memecahkan persoalan-persoalan strategis, untuk kemudian memilahnya menjadi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat sesuai kaidah SWOT Analysis.

Melalui pendekatan External Factors Analysis Summary (EFAS) dan Internal Factors Analysis Summary (EFAS), yang dikombinasikan dengan teknik Analytical Hierarchy Process (AHP), keseluruhan faktor eksternal dan internal organisasi dipetakan dalam Analisis Posisi Strategis Organisasi, yang dengan metode Strategic Factors Analysis Summary (SFAS) kemudian diurai ke dalam program-program kerja jangka pendek, menengah, dan panjang sesuai strategi utama (grand strategy) yang paling selaras dengan situasi dan kondisi organisasi.

Buku ini juga menjelaskan berbagai metode lain dalam pengambilan keputusan yang dapat dijadikan alternatif sesuai kompleksitas permasalahan yang dihadapi pengambil keputusan. (red)

Komentar Anda

comments