Mahasiswa Kreatif, Ciptakan Visualisasi Data dengan Data Science

oleh -

Palapanews.com – Dalam data science, visualisasi data memiliki peran penting dalam penyampaian insight sebuah data, karena rata-rata manusia lebih cepat mengingat gambar daripada kata.

Visualisasi data sendiri adalah proses pengolahan data yang bertujuan menyederhanakan data dalam jumlah besar menjadi grafik atau bagan yang menarik dan mudah dipahami orang lain.

Data yang digunakan untuk visualisasi data harus data bersih yang telah diolah dengan baik. Karena jika menggunakan data mentah, terkadang ada beberapa data yang kurang lengkap, sehingga menyebabkan hasil visualisasi data kurang akurat.

Semakin menarik visualisasi data terhadap insight yang didapatkan, maka informasi yang dihasilkan akan semakin mudah dipahami, dibaca, dan digunakan. Selain praktisi data, mahasiswa NON IT juga perlu menguasai visualisasi data untuk menciptakan insight kreatif dan menarik.

Baca juga : Tetris Program #StackYourSkill DQLab Hadir Beri Beasiswa Data Science dan Kesempatan Berkarir

Visualisasi data merupakan cara yang efektif dan efisien dalam memudahkan kita untuk menceritakan isi dari data tersebut. Yuk simak manfaat dari belajar visualisasi data dalam data science!

1. Memudahkan Pembaca dalam Memahami Cerita
Visualisasi data akan mempermudah komunikasi kepada pembaca. Dengan menyusun visualisasi data yang menarik dan sederhana, kamu dapat membantu pembaca dalam memahami cerita atau suatu permasalahan.

Data yang disajikan dalam bentuk grafik bersifat komunikatif, sehingga memungkinkan banyak orang untuk memahami data dengan mudah. Karena tujuan visualisasi data adalah menyampaikan informasi dengan baik dan mudah dipahami, demi kemajuan bisnis dan insight yang positif.

2. Melihat Tren Terbaru
Menemukan insight dari sekumpulan data merupakan kebutuhan bisnis. Data yang digunakan bisa dari penilaian konsumen atau jumlah penjualan. Untuk mengidentifikasinya, caranya dengan menemukan korelasi data menggunakan representasi visual.

Hal itu dapat dalam menemukan tren terbaru bisnismu dan dapat menyediakan produk yang berkualitas, serta mengidentifikasi masalah yang belum muncul. Selain itu, kamu dapat melihat peluang bisnis yang belum pernah ada dan meningkatkan laba untuk bisnismu.Maka kamu dapat terus berinovasi dan berkembang di industri.

3. Memudahkan dalam Analisis dan Pengambilan Keputusan
Visualisasi data dapat membantu kamu dalam menganalisis laporan penjualan, strategi pemasaran, dan minat produk. Berdasarkan analisis, visualisasi data dapat dibuat fokus untuk meningkatkan laba. Hal itu dapat membuat bisnis lebih produktif. Selain itu, otak manusia lebih mudah memahami visual daripada laporan tabel.

Visualisasi data memungkinkan kamu dalam mengambil keputusan dengan cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk kemajuan bisnis berdasarkan insight data baru. Dengan begitu, pengambilan keputusan dapat dinilai akurat karena sudah dilakukan secara profesional dan base on data.

4. Mahasiswa Belajar Visualisasi Data untuk Ciptakan Insight Kreatif
Visualisasi data merupakan suatu proses penting dalam menemukan sebuah insight. Tampilan data yang menarik dan mudah dipahami akan memudahkan juga dalam memahami dan penarikan kesimpulan. Yuk belajar visualisasi data dari sekarang, melalui DQLab. Bersama data science, ciptakan ide-ide kreatif! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.