Dana Perjalanan Dinas di Setda Kota Tangerang Disinyalir Tersembunyi

oleh -

Palapanews.com Anggaran perjalanan dinas di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, khususnya di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tangerang tidak terlampir dalam Rancangan Umum Pengadaan (RUP) sistem informasi rencananya umum pengadaan (SIRUP) atau melalui LPSE Kota Tangerang.

Padahal, hampir seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menampilkan atau menayangkan anggaran perjalanan dinas.

Melihat kondisi seperti ini, Pemerhati Pemerintahan, Habibullah menerangkan, seharusnya bagian Setda juga melampirkan besaran dana perjalanan dinas yang meliputi perjalanan dinas walikota, wakil walikota hingga pejabat di lingkup Setda Kota Tangerang. Sehingga akan lebih transparan dalam mengelola keuangan yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Tangerang.

“Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya saja bisa melampirkan besaran anggaran perjalanan dinas bagi pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di OPD tersebut. Lalu kenapa bagian Setda tidak melampirkannya,” tegasnya, Kamis, 30 Desember 2021.

Dengan tidak dilampirkannya anggaran perjalan dinas, kata pria berambut plontos tersebut, tentunya bisa menimbulkan kecurigaan dalam mengelola APBD yang uangnya berasal dari rakyat. “Harus berani transparan dalam mengelola uang rakyat. Sehingga masyarakat bisa mengetahui berapa besarnya anggaran perjalanan dinas walikota, wakil walikota dan pejabat di lingkup Setda Kota Tangerang dalam setahun,” paparnya seraya menambahkan, jangan sampai anggaran perjalanan dinas ini terulang seperti tahun 2018-2019.

Rudin, salah satu warga mengatakan, setiap APBD harus transparan dalam menggunakannya, khususnya APBD Kota Tangerang. Untuk itu, masyarakat harus tahu uang perjalanan dinas kepala daerah hingga pejabat yang ada di Pusat Pemerintah Kota Tangerang.

“Jangan hanya soal pembangunan infrastruktur aja yang harus transparan, tapi uang perjalan dinas juga harus transparan,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.