Data Analyst, Salah Satu Profesi Data Incaran Perusahaan!

oleh -

Palapanews.com – Bagi masyarakat yang bekerja di dalam industri data sudah pasti tahu mengenai profesi satu ini. Ya, Data Analyst, profesi incaran banyak perusahaan, mulai dari perusahaan besar hingga startup pun mencari profesi ini.

Menurut laporan Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja dari World Economic Forum (WEF), pada tahun 2025 profesi di bidang data seperti Data Analyst dan Data Scientist menempati peringkat satu sebagai pekerjaan yang paling dibutuhkan dan dicari.

Wajar saja, karena dalam menjalani suatu bisnis pasti menggunakan data, dan salah satu faktor penentu sebuah perusahaan juga bergantung pada data. Banyak yang menduga bahwa Data Analyst menjalani pekerjaan yang lebih mudah dibandingkan Data Scientist. Eitss, belum tentu, lho. Agar kalian tidak salah paham, ayo kenali lebih dalam profesi Data Analyst dan tugas yang dilakukannya!

1. Pengertian Data Analyst
Data Analyst bertugas untuk meneliti data dalam ukuran besar yang telah diatur untuk mengidentifikasi tren, mengembangkan grafik, dan menciptakan visualisasi data untuk membantu bisnis semakin berkembang lewat strateginya.

Profesi Data Analyst seringkali bekerja untuk mengumpulkan masukkan dan memecahkan masalah, mereka juga memiliki pemahaman dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan analisis, contohnya analis riset pasar, penjualan, keuangan, dan lainnya.

Menjadi Data Analyst sebetulnya memerlukan banyak wawasan, tidak hanya dari segi bidang yang ditekuni, tetapi juga dari bidang-bidang lainnya, seperti komputer, matematika, komunikasi, dan lainnya.

Selain itu juga, Data Analyst perlu untuk mengerti istilah-istilah dalam bisnis serta memiliki intuisi yang tajam, jadi ketika perusahaan sedang butuh strategi bisnis selanjutnya, Data Analyst dapat memberikan jawaban yang memuaskan.

Baca juga : Bingung Pilih Data Scientist atau Data Analyst? Simak Perbedaannya Yuk

2. Skill Dasar Data Analyst
Setiap profesi pasti perlu memiliki skill dasar atau penunjang untuk pekerjaannya. Meskipun tidak seteknis dan serumit profesi Data Scientist dan Data Engineer, tetap saja sebagai calon Data Analyst, teman-teman perlu memiliki tujuh skill teratas yang patut dipelajari sebagai bekal untuk ke depannya.

⦁ Pemahaman dalam bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL.
⦁ Dapat menggunakan Excel dengan mahir.
⦁ Mengerti akan machine learning sebagai tools untuk membantu pekerjaan.
⦁ Memiliki kemampuan berpikir yang kritis dan intuisi yang tajam.
⦁ Dapat melakukan visualisasi data dengan baik.
⦁ Dapat mempersiapkan presentasi yang mudah, ringan, dan rapi.

3. Pekerjaan Data Analyst
Apabila kalian tertarik untuk menjadi seorang Data Analyst, sudah pasti kalian perlu mengetahui lebih jauh tugas atau pekerjaan seperti apa yang dilakukan. Pembahasan yang telah disebutkan tadi tidak mencakup seluruh tugas seorang Data Analyst. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama tugas seorang Data Analyst.

⦁ Menganalisis data-data yang dikumpulkan.
⦁ Menggunakan teknologi khusus untuk mencari tahu asal usul data yang terkumpul dan kemungkinan adanya data yang terdistorsi.
⦁ Membersihkan data dengan peninjauan laporan komputer, cetakan, dan kinerja untuk memperbaiki masalah.
⦁ Mengidentifikasi pola dan korelasi yang terdapat dalam data.
⦁ Bekerja sama dengan divisi yang berkaitan untuk kebutuhan bisnis dan informasi.

Baca juga : Mau Berkarir di Bidang Data? Ketahui Dulu Caranya Bersama DQLab UMN

4. Tools Dasar Data Analyst
Tidak hanya di kalangan Data Scientist dan Data Engineer saja, tetapi di kalangan Data Analyst juga memiliki tiga tools terpopuler yang sering digunakan dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Tools-tools ini membantu Data Analyst dalam hal-hal, seperti visualisasi data, pengumpulan informasi, dan pengolahan data.

Tools pertama adalah Microsoft Excel, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah data agar dapat diatur dengan lebih baik dan mudah. Tools yang kedua adalah Tableau, tools ini biasa digunakan oleh Data Analyst untuk memvisualisasikan hasil data yang mereka miliki agar lebih mudah dimengerti orang lain.

Tools terpopuler yang terakhir adalah Xplenty, pembersihan dan perubahan data merupakan salah satu tugas Data Analyst, oleh karena itu tools ini sangat berguna untuk menjamin data-data tersebut aman ketika dikelola.

Baca juga : Gratis! Yuk Kenali Pentingnya Excel dalam Dunia Data Science bersama Event Talkshow DQLab

5. Pelajari Tips dan Trik dalam Menjadi Data Analyst Bersama DQLab UMN
Salah satu tempat kursus yang sudah terpercaya dan memiliki praktisi-praktisi yang tidak kalah berpengalaman sangat kalian butuhkan untuk menjadi tempat berkembang kalian. Oleh karena itu, DQLab dapat kalian jadikan pilihan tempat belajar yang tepat. Di sini kalian dapat mengembangkan skill serta menciptakan portofolio menarik sebagai persiapan kalian memasuki industri data.

Untuk menjadi bagian dari DQLab caranya sangat mudah, kalian cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung menikmati module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk kalian kerjakan! Ayo, jadilah Data Analyst bersama DQLab.id dan raih jenjang karir tertingginya! (red)

 

 

 

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.