Para Calon Data Scientist, Jangan Lupa Pelajari Bahasa Pemrograman Ini

oleh -

Palapanews.com – Saat ini terdapat profesi data yang menjadi incaran masyarakat, hal tersebut dikarenakan kebutuhan tenaga kerjanya yang banyak dan prospek kerja yang menjanjikan.

Profesi tersebut adalah Data Scientist, profesi tersebut membutuhkan skill atau keahlian yang cukup rumit karena pekerjaannya sehari-hari adalah mengolah data dan mengolah data tidak dapat dilakukan dengan skill dasar yang kurang memadai.

Salah satu materi yang perlu dipelajari oleh Data Scientist adalah bahasa pemrograman dalam database. Database yang paling familiar di kalangan pelajar data adalah MySQL. SQL merupakan salah satu pilihan yang dapat kalian gunakan dalam membuat sistem database. Maka dari itu, kalian tidak boleh melewati artikel ini karena akan berisi informasi seputar SQL untuk pemula di bidang data. Yuk, simak bersama!

1. Pengertian SQL
Structured Query Language atau SQL merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan dan pengelolaan informasi dalam sebuah database. SQL sangat sering digunakan oleh profesi data untuk membuat sistem database dan merancang kebutuhan basis data pada suatu aplikasi.

SQL juga memiliki beberapa jenis perintah yang seringkali digunakan untuk membangun suatu database, perintah-perintahnya adalah definition, manipulation, query, control, dan transaction control.

Saat ini, sudah banyak server atau jaringan dalam sebuah database ataupun software dapat mengartikan bahasa SQL sehingga SQL menjadi bahan pembicaraan dan sebuah materi yang sangat penting bagi kalian yang akan bekerja dalam dunia teknologi atau hal-hal yang bersinggungan dengan database relasional.

Baca juga : Belajar Excel untuk Profesi Data Scientist Versi DQLab UMN

2. Alasan Belajar SQL
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, apabila kalian sedang mempelajari profesi Data Scientist, maka kalian juga akan mempelajari bahasa pemrograman SQL ini.

Mungkin beberapa dari kalian masih belum menemukan alasan mengapa harus belajar SQL, tetapi ketika kalian selesai membaca artikel ini, kalian akan menemukan alasannya dan langsung memutuskan untuk langsung belajar SQL karena sesungguhnya SQL mudah dipelajari dan digunakan.

Selain itu, SQL juga dapat membantu kalian dalam memahami dataset karena SQL terintegrasi dengan bahasa scripting, seperti R dan Python sehingga kalian dapat bekerja dengan nyaman. Alasan lain mengapa kalian perlu belajar SQL adalah SQL dapat kalian gunakan untuk mengelola data dalam volume yang besar dan SQL juga merupakan pintu menuju profesi Data Science.

3. Jenis Perintah di SQL
Setelah membaca mengenai definisi dan alasan harus belajar SQL, kalian perlu mengetahui beberapa jenis perintah yang terdapat di dalam SQL karena pada umumnya SQL memiliki fungsi untuk memanipulasi database. Berikut lima jenis atau perintah SQL yang dapat kalian terapkan.
– Data Definition Language (DDL)
Dapat digunakan untuk membuat, merubah atau menghapus struktur database.
– Data Manipulation Language (DML)
Dapat digunakan untuk memanipulasi data yang terdapat dalam tabel.
– Data Query Language (DQL)
Perintah SQL untuk data query.
– Data Control Language (DCL) Dapat digunakan untuk mengontrol dan memberi izin akses       dalam database.
– Transaction Control Language (TCL)
Perintah SQL yang berhubungan dengan transaksi di database.

4. Kelebihan SQL
Karena pengaplikasiannya yang mudah, SQL menjadi bahasa pemrograman yang sering digunakan atau populer. SQL juga memiliki banyak sekali kelebihan yang dapat diukur dari segi penggunaan dan fitur yang dimiliki. Berikut beberapa kelebihan SQL yang mungkin belum kalian ketahui:
– Bersifat open source atau dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun.
– Mendukung penggunaan multi user atau banyak pengguna.
– Dapat digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lain.
– Memiliki tipe data yang bervariatif.
– Struktur tabel yang fleksibel.
– Sistem keamanan yang terjamin.
– Tidak membutuhkan RAM yang besar.
– Memiliki perangkat lunak yang portable.
– Mendukung untuk spesifikasi hardware yang rendah.
– Memiliki performa yang baik.

Baca juga : Bingung Pilih Data Scientist atau Data Analyst? Simak Perbedaannya Yuk

5. Belajar SQL Bisa Lebih Mudah Bersama DQLab UMN
Belajar SQL atau materi seputar Data Scientist lainnya perlu kalian pahami dengan baik. Salah satu cara agar kalian bisa menguasainya dengan baik adalah dengan mengikuti kursus seperti DQLab.

Dengan mengikuti kursus, dapat dipastikan kalian akan menguasainya dengan hitungan bulan. Selain itu, dengan mendaftarkan diri kalian di DQLab, masih banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan.

Ketika kalian sign up di DQLab.id, kalian akan langsung bisa mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Di DQLab juga masih terdapat banyak program belajar yang tentunya dapat membantu kalian semakin cepat menguasai Data Science. Ayo, gabung bersama DQLab.id dan kuasai Data Science! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.