Kota Tangerang Masuk Level 1 Asesmen Kemenkes

Palapanews.com- Kota Tangerang masuk level 1 PPKM berdasarkan asesmen situasi Covid-19 Kementrian Kesehatan per 26 Oktober 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Jumat, 29 Oktober 2021.

Walikota mengatakan, untuk transmisi komunitas tingkat 1, kasus konfirmasi Covid-19 tercatat 1,10 persen dan pasien rawat inap di RS 0.18 persen serta kasus kematian berada pada angka 0.04 persen.

“Kota Tangerang masuk level 1 penyebaran Covid-19 berdasarkan asesmen Kementrian Kesehatan. Semoga hasil ini bisa dipertahankan terutama untuk tracing atau rasio kontak eratnya,” kata Walikota.

Ia mengatakan, untuk kegiatan 3T yang dilakukan Dinas Kesehatan saat ini pun masuk kategori memadai dengan positivity rate testing 0,16 persen, rasio kontak erat konfirmasi per minggu 14,78 dan treatment BOR per minggu 2,26.

Update penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang per tanggal 28 Oktober 2021 tercatat untuk kasus aktif ada 30 orang, yang sembuh 29.845 orang dan angka kematian 492 orang.

Dikatakannya, penurunan status level ini ditunjang beberapa faktor seperti peningkatan disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan pembukaan sentra vaksinasi termasuk gerai di RSUD Kota Tangerang.

Khusus untuk gerai vaksin di RSUD saat ini disediakan layanan untuk usia 12 tahun keatas, lansia dan Komorbid. Jenis vaksin yang disediakan adalah pfizer dan warga yang ingin menikmati layanan ini maka bisa mendaftar melalui vaksinasi.tangerangkota.go.id dan jadwal akan disampaikan secara online.

“Warga yang belum vaksin bisa datang ke RSUD dan mendaftar melalui online,” ujarnya.

Faktor lain yang menunjang penurunan status level adalah penerapan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi yang telah terpasang di 339 lokasi dan akan terus diperbanyak. “Tetap jaga prokes dan ikuti aturan yang ada,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni menyampaikan, capaian vaksinasi hingga tanggal 28 Oktober 2021 yakni 1.322.944 orang untuk dosis pertama dan 938.545 untuk dosis kedua. Target vaksinasi di Kota Tangerang yakni 1.479.301 orang.

“Capaian vaksin dosis pertama sudah 89,4 persen dan dosis kedua sudah 63,4 persen. Kita terus optimalkan kegiatan vaksinasi apalagi PTM tingkat SD sudah berjalan dan wali murid harus vaksin jika anaknya ingin belajar tatap muka sebagai syarat,” ujarnya.(ydh)

Komentar Anda

comments