Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Kota Tangerang Libatkan Forum RT-RW

oleh -

Palapanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang merilis data pemilih pada triwulan ke 3 tahun 2021 melalui rapat koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan.

Hasil dari pemutakhiran tersebut, tercacat jika jumlah pemilih sebanyak 1.175.712 orang, dengan rincian jumlah laki-laki sebanyak 585.828 pemilih, dan jumlah perempuan sebanyak 589.884 pemilih, yang tertuang dalam berita acara dengan nomor: 15/PL.02.1-BA/3671/Kota/X/2021.

Ahmad Syailendra, Ketua KPU Kota Tangerang mengatakan, rangkaian Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) merupakan bagian dari ikhtiar KPU dalam updating data untuk menjadi lebih baik lagi.

“Kami akan terus berupaya melibatkan seluruh stakeholders untuk memberikan yang terbaik untuk data pemilih yang semakin berkualitas. Pengurus partai politik dan masyarakat kami harapkan dapat memberikan masukan dan tanggapan melalui layanan aplikasi https://sitangkot.kpukotatangerang.id/ yang sudah kami buat,” katanya, Senin 11 Oktober 2021.

Syailendra menambahkan, tanpa adanya dukungan dari seluruh pihak tentunya kurang sempurna proses PDPB ini. Maka dari itu mari bersama memberikan yang terbaik untuk data pemilih yang akurat menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Provinsi Banten, Wahyu Furqon mengatakan, dalam pemutakhiran salah satunya adalah memperbaiki data pemilih. Menemukan data yang tidak memenuhi syarat kemudian memasukkan pemilih baru.  persoalan data adalah hal yang dinamis,  sehingga tujuan dari rakor adalah mengintegrasikan, mengkoordinasikan  dan menyelaraskan pengelolaan data pemilih.

“KPU Provinsi Banten menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh KPU Kota Tangerang dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu, anggota KPU Kota Tangerang pada Divisi Program dan Data, Ahmad Subhan mengatakan, pihaknya akan terus berikhtiar dalam rangka memutakhirkan daftar pemilih, disamping koordinasi dengan beberapa instansi, KPU Kota Tangerang juga melakukan sosialisasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tingkat kecamatan, salah satunya melakukan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan se-kota Tangerang dengan dihadiri para lurah dan forum RW/RT.

“Kami berharap warga masyarakat mengetahui proses pemutakhiran data pemilih dan mau memberikan laporan kepada kami jika memang terdapat warga Kota Tangerang yang belum terdaftar, meninggal dunia, pindah domisili, atau perubahan status. Bisa secara langsung ke kantor KPU Kota Tangerang, atau ke kecamatan-kecamatan melalui operator data kependudukan, atau bisa melalui aplkkasi SITANGKOT di alamat: https://sitangkot.kpukotatangerang.id,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.