Tiga Buku Terbitan GPU Melaju 10 Besar Kusala Sastra Khatulistiwa ke-21

oleh -

Palapanews.com – Sepuluh besar Kusala Sastra Khatulistiwa ke-21 telah diumumkan pada Kamis 23 September 2021. Ada 20 karya terpilih yang menempati dua kategori: Prosa dan Puisi.

Di antara karya-karya tersebut terdapat tiga judul buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, yakni kumpulan cerpen Rekayasa Buah karya Rio Johan, Ramuan Penangkal Kiamat karya Zelfeni Wimra, serta buku puisi Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau karya Aan Mansyur.

Rekayasa Buah yang terbit Juni 2021berisi sepuluh dongeng futuristik yang tak hanya bicara tentang betapa ajaibnya buah-buahan, tapi juga tentang betapa ajaibnya nama dan bahasa, juga tentang betapa sesuatu yang serius bisa begitu konyol dan secara bersamaan sesuatu yang konyol bisa begitu serius.

Sedangkan “Ramuan Penangkal Kiamat” terbit Februari 2021 berisi kisah-kisah yang mengulik perkara agama, adat-istiadat, sejarah, keluarga, serta perasaan manusia dalam kentalnya budaya Minangkabau. Setiap kisah akan membawa pembaca menyusuri aneka persoalan sekaligus benturan yang kerap terjadi.

Sementara “Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau” yang berada di kategori puisi juga terbit pada Februari 2021. Lewat puisi-puisi di dalamnya, Aan Mansyur menyuarakan berbagai hal yang temukan dalam kesehariannya, baik sebagai individu, maupun sebagai entitas yang terhubung dengan banyak entitas lain di hidupnya.

Baca juga: Lima Buku GPU Masuk Nomine Penghargaan Sastra Kemdikbudristek Tahun 2021

Masing-masing karya yang lolos seleksi Kusala Sastra Khatulistiwa selalu membawa gaya penulisan dan tema yang beragam. Kekayaan inilah yang membuat Kusala Sastra Khatulistiwa menjadi salah satu penghargaan yang ditunggu banyak penikmat sastra setiap tahunnya, sejak pertama kali diadakan pada tahun 2001.

“Setelah pengumuman 10 Besar, dewan juri masih akan menyaring lagi seluruh karya yang masuk menjadi 5 Besar, sebelum akhirnya memilih satu penerima penghargaan dari setiap kategori,” beber Dionisius Wisnu, Public Relations PT Gramedia Pustaka Utama.

Kata dia, pengumuman 5 Besar Kusala Sastra Khatulistiwa tahun ini dijadwalkan pada awal bulan Oktober. Sementara, penganugerahan penghargaan akan diadakan pertengahan Oktober 2021. (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.