Blusukan ke Kota Tangerang, Mensos Sewot Dana Bansos Dipotong 

oleh -

Palapanews.com Menteri Sosial, Tri Rismaharini melakukan blusukan untuk memantau penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dibeberapa lokasi di Kota Tangerang.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Walikota Surabaya tersebut geram karena menemukan adanya dugaan pemotongan bantuan sosial dalam program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) terhadap keluarga penerima manfaat (KPM), Rabu, 28 Juli 2021.

Lokasi yang dipilih Menteri Sosial yakni Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang dan Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Saat blusukan dilakukan, Menteri Sosial bertanya kepada KPM apakah terjadi pemotongan atau tidak?. Secara sontak, KPM yang berlokasi di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah pun menjawab pertanyaan dari sang menteri.

“Ada pemotongan dari pendamping sebesar Rp50 ribu. Alasannya untuk administrasi. Ada juga pemotongan bagi BPNT saat hendak membelanjakan di e-Warong,” kata sang penerima bantuan kepada Menteri Sosial seraya menambahkan, semuanya sudah diatur oleh pendamping dan pin nya ada dibelakang kartu.

Mendengar keluhan dari penerima bantuan, Menteri Sosial langsung menginstruksikan kepada penerima bantuan agar mengambil kartu yang dipegang oleh pendamping. Dan, meminta agar penerima bantuan untuk berani melaporkan kepada pihak berwajib apabila jatah bantuan dipotong oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Sebelumnya, adanya indikasi kecurangan yang dilakukan oleh oknum dalam proses penyaluran dana bantuan sosial yang berasal dari Kementerian Sosial melalui Program Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang merupakan lemahnya pengawasan dari Pemerintah Kota Tangerang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial jika kepala daerah (Walikota) memiliki tugas untuk memantau dan bertanggungjawab dalam proses penyaluran bantuan sosial kepada penerima bantuan atau keluarga penerima manfaat (KPM).(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.