Belanja Masker Kain di Kota Tangerang Rugikan UMKM

oleh -

Palapanews.com- Untuk membantu pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia pada tahun 2020 lalu.

Gerakan ini untuk mendorong perekonomian dan penghasilan masyarakat di tengah krisis akibat pandemi. Dan, gerakan tersebut melibatkan masyarakat, pemerintah, e-commerce, dan pengadaan pemerintah untuk memulihkan pasca pandemi.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota Tangerang juga mendorong perekonomian UMKM yang ada di Kota Tangerang dengan melakukan belanja atau pengadaan masker kain ditengah pendemi Covid-19. Dimana, belanja atau pengadaan masker kain tersebut dilakukan ditingkat kelurahan atau kecamatan sesuai dengan jumlah penduduk.

Namun, yang terjadi di lapangan adalah pihak kelurahan atau kecamatan melakukan belanja atau pengadaan masker kain melalui pihak ketiga yang mengakibatkan terhambatnya perekonomian UMKM lantaran harga yang ditawarkan lebih rendah.

“Seharusnya pihak kelurahan atau kecamatan yang ada di Kota Tangerang melakukan belanja langsung ke UMKM, sehingga roda perekonomian UMKM berjalan dengan baik, bukan melalui pihak ketiga (pemborong),” kata Ketua Poros Tangerang Solid (Portas), Hilman Santosa, Sabtu, 24 Juli 2021.

Hilman menambahkan, hal ini tentunya sangat merugikan pelaku UMKM yang ada di Kota Tangerang karena ditengah pandemi Covid-19 ini pengadaan barang/jasa bisa dilaksanakan dengan swakelola.

“Adanya pihak ketiga (pemborong) yang dipilih oleh kelurahan atau kecamatan mengakibatkan pemborosan anggaran. Contohnya, harga dari UMKM sebesar Rp2500 per masker, tapi karena ada pemborong maka harganya bisa menjadi Rp5000, bahkan bisa lebih,” ujar Hilman seraya menambahkan, pemborong pun bisa menekan harga lebih murah karena belanja masker kain dalam jumlah besar.

“Lagi-lagi yang dirugikan adalah UMKM. Dan, belanja masker ini bisa diduga terjadi mark up,” tegas Hilman.

Berdasarkan, informasi yang diterima, jika harga masker kain 2 lapis memiliki harga satuan mencapai Rp 2500.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.