Bappeda Kota Tangerang Dirikan Dapur Umum Bersama dan Monitoring KTJ Sigacor

oleh -

Palapanews.com- Dalam rangka penerapan PPKM Darurat di Kota Tangerang sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) membuat dapur umum bersama di wilayah Batuceper sebagai wilayah binaan.

Keberadaan dapur umum bersama merupakan program dari “Bappeda Peduli” untuk memenuhi asupan makanan bagi warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri. Selain membuat dapur umum bersama, Bappeda Kota Tangerang juga melakukan monitoring keberadaan Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona (KTJ Sigacor) di RT 02/04 Kelurahan Poris Gaga Baru, Kecamatan Batuceper.

Keberadaan Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona menjadi garda terdepan dalam meminimalisir dalam penyebaran Covid-19 di tingkat RT/RW. Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona juga menyediakan tenaga medis (dokter) apabila ada masyarakat yang memerlukan pertolongan.

“Tingkat penyebaran Covid-19 pada klaster keluarga masih menjadi peringkat paling tinggi saat ini. Untuk itu, kami menghimbau dengan mengoptimalkan kembali KTJ Sigacor bisa menjadi garda terdepan dalam penekanan angka Covid-19 di lingkungan warga,” kata Kepala Bappeda Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja.

Untuk dapat mengoptimalkan keberadaan Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona tentunya dibutuhkan kerjasama dengan semua pihak, sehingga tujuan dari keberadaan Kampung ini akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita bekerjasama dengan Kecamatan Batuceper, Kelurahan, RW dan RT dalam melaksanakan pengawasan, sehingga penyelenggaraan protokol kesehatan di wilayah permukiman dapat berjalan dengan baik dan benar,” katanya.

Keberadaan dapur umum bersama ini, kata Kepala Bappeda, sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan edukasi agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menerangkan, keberadaan dapur umum menjadi salah satu solusi untuk membantu masyarakat yang terpapar dan terdampak Covid-19.

“Masyarakat Kota Tangerang yang melakukan isolasi mandiri terdata kurang lebih sebanyak 7.800 orang. Dan, dengan adanya dapur umum mampu membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri,” pungkas Walikota Tangerang.

Disamping itu, Walikota Tangerang juga berharap agar masyarakat bisa mendukung program Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona sebaik mungkin, sehingga mampu menekan penyebaran Covid-19.

“Saya intruksikan Camat dan Lurah untuk bisa mendorong RT dan RW untuk bisa menjalankan program Kampung Tangguh Jaya Sigacor,” jelasnya.(adv)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.