Begini Langkah SMAN 9 Tangsel Jelang Pembelajaran Tatap Muka

oleh -
Persiapan sekolah tatap muka di SMAN 9 Tangsel. Foto: Nad

Palapanews.com- Jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dimasa pandemi pada bulan Juni mendatang, tentunya dipersiapkan oleh semua sekolah, seperti halnya SMA Negeri 9 Tangerang Selatan.

Kepala SMAN 9 Tangsel, Achmad Alwan Fatwani menjelaskan, selain mempersiapkan handsanitizer, tempat cuci tangan, tanda silang sebagai penunjuk menjaga jarak, penyemprotan disinfektan juga protokol kesehatan (Prokes) covid-19 lainnya, seperti membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi para guru.

“Kita sudah membentuk tiga tim sesuai dengan Permendikbud kita harus mempersiapkan timnya. Tim 1 terdiri dari tim pembelajaran, tim psikotes dan tata ruang, tim 2 nya tim kesehatan, tim sarana prasarana, kemudian tim 3 nya adalah tim humas dan pelatihan,” ungkap Alwan di SMAN 9 Tangsel, Kamis (10/6/2021).

Dari tiga tim yang berisikan para guru tersebut diharapkan dapat mengingatkan kepada siswa agar menjaga protokol kesehatan selama PTM berlangsung.

Alwan juga sudah menyiapkan, dalam satu kelas nantinya hanya akan berisikan 18 siswa saja dan memiliki jalur khusus bagi siswa saat berada di sekolah dan melarang siswa untuk tidak keluar ruangan disaat jam istirahat.

“Kemudian masing-masing siswa masuk ke kelas dengan satu lajur satu arah tidak boleh dua arah untuk menjaga prokesnya dan jarak sudah ditentukan. Kemudian saat istirahat, kami tidak memperkenakan anak-anak keluar ruangan, tetap di dalam ruangan, makan bekal dari rumah,” jelasnya.

Saat jam pulang sekolah, para siswa juga diminta untuk mengirimkan share location disertai foto yang menunjukan jika sudah sampai rumah masing-masing.

“Endingnya nanti pada saat sampai rumah, anak-anak diminta untik share location keberadaannya dan foto lalu dishare ke Wali Kelas untuk menunjukan anak-anak betul sudah sampai rumah,” tandas Alwan.

Salah seorang siswa yang juga Ketua OSIS SMAN 9 Tangsel, Doni Abdullah Al Hafidz kelas XI IPS 1, menyambut baik berlangsungnya kembali kegiatan PTM. Bahkan para siswa juga ikut membantu sekolah membersihkan kelas. Dengan memakai sarung tangan dan masker, mereka dengan teliti membersihkan ruangan kelas.

“Saya antusias dengan adanya kegiatan tatap muka. Kami yakin, sekolah kami sudah efektif mempersiapkan prokes menjelang PTM,” tegas Doni. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.