Menuju Industri 4.0, Ini Solusi Manufaktur Tekstil Taiwan Excellence

oleh -

Palapanews.com – Industri mesin tekstil Taiwan diakui memiliki reputasi global yang luar biasa karena kemampuannya untuk menghasilkan produk yang luar biasa.

Dengan penekanannya pada layanan berkualitas tinggi dan andal, industri ini, unggul dalam menyediakan teknologi fleksibel dan sistem terintegrasi tekstil.

Guna menunjukan perkembangan terbaru mesin tekstil Taiwan kepada perusahaan Indonesia, Bureau of Foreign Trade (BOFT), MOEA, Taiwan, ROC, dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) mengadakan webinar pada Selasa (30/3/2021).

Jemmy Kartiwa Sastraatmaja, Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), mengutarakan industri tekstil Indonesia bangkit kembali dari keterpurukan Covid-19. Pemulihan bertahap telah dimulai dengan bantuan Pemerintah Indonesia.

“Industri tekstil Indonesia, dari hulu hingga hilir, sedang menuju Industri 4.0. Saat perusahaan tekstil mulai mengganti peralatan lama dengan inovasi terbaru, mesin tekstil Taiwan akan sangat membantu dalam transformasi digital Indonesia,“ katanya.

Dia percaya bahwa acara tersebut akan memberikan gambaran sekilas tentang teknologi mesin tekstil terbaru Taiwan dan juga memberikan informasi berharga kepada pemirsa dan perusahaan tekstil Indonesia.

Sementara mantan ketua API Ade Sudrajat menyoroti fakta bahwa industri tekstil Indonesia sedang mengalami pemulihan pada kuartal pertama 2021 dengan tingkat pertumbuhan 14% YoY. Industri tekstil Indonesia mendapatkan harapan karena perusahaan tekstil mengikuti tren industri.

Pada triwulan IV tahun 2020 terjadi peningkatan yang berkelanjutan pada nilai impor mesin tekstil dari Taiwan. Teknologi canggih Taiwan diharapkan dapat terus memberikan manfaat bagi industri tekstil Indonesia di era baru Industri 4.0.

Baca juga :  Yuk! Mampir ke Warung Nasi Goreng Santika BSD Teraskota

Dalam webinar tersebut, hadir perwakilan dari empat perusahaan mesin tekstil terkemuka Taiwan, yaitu Logic Art Automation, Pailung Machinery Mill, Acme Machinery Industry dan Hsing Cheng Machinery untuk mempresentasikan produk-produk canggih mereka, serta memperkenalkan solusi dan teknologi terbaru mereka.

Logic Art, satu-satunya perusahaan terintegrasi yang menyediakan satu-satunya “Solusi Total Rumah Pewarna” di dunia, menawarkan solusi total untuk industri pewarnaan tekstil. Mereka melakukan dan mengintegrasikan proses pewarnaan, seperti penyimpanan zat warna, lab untuk manajemen warna, kontrol pusat untuk mesin stenter dan mesin pencelupan.

Solusinya mencakup Sistem Penimbangan Zat Warna Bubuk Otomatis, Sistem Distribusi Bahan Kimia Otomatis (Tambahan), Sistem Pelarutan dan Distribusi Zat Warna Otomatis dengan RFID, Sistem Dispenser Lab, dan Pusat Pengawas. Pailung telah meluncurkan MES (Manufacturing Execution System) dan POMS (Pailung Online Monitoring System) untuk merespon pasar yang bervariasi dan manajemen data yang kompleks.

Mesin rajut pintar mereka menyediakan layanan termasuk mengoptimalkan waktu penyesuaian dan akurasi mesin, meningkatkan efektivitas manajemen stok dan perawatan mesin, mempercepat respons dari sisi manufaktur ke kebutuhan pasar, meningkatkan pengulangan produk dalam produksi, manajemen data yang efektif dalam merajut basis data, serta manajemen dan komunikasi jarak jauh yang efektif di era pasca pandemi.

Acme memperkenalkan produk revolusioner mereka, AM-ICD Intelligent Conveyer Drive High Pressure Constant Speed Dyeing Machine, yang dilengkapi dengan konveyor untuk menggerakkan kain alih-alih cairan pewarna mengambang dan mampu menghemat lebih dari 65% air, uap, listrik, dan energi tambahan, serta mengurangi air limbah dan emisi CO2 hingga 65%. Mesin ini telah memperoleh lebih dari 20 paten penemuan di seluruh dunia dan total lebih dari 200 buah sertifikat paten.

Hsing Cheng meluncurkan produk baru, yakni Mesin Cuci Berkelanjutan, yang menyediakan berbagai aplikasi yang dapat menghemat 379 ton air, 335,7 kilowatt listrik, 33,1 ton uap daripada banyak pewarna konvensional dalam proses pembersihan pengurangan. Hal ini secara substansial mengurangi biaya produksi sebagai tanggapan atas peningkatan pembangunan berkelanjutan.

Industri 4.0 saat ini sedang mengubah industri tekstil. Teknologi utama otomatisasi dalam pemintalan, penenunan, dan aspek lain dari proses manufaktur sangat penting untuk mereformasi mesin tekstil. Dengan teknologi terkini, mesin tekstil Taiwan siap melayani klien di Indonesia. (rls/bd)

Komentar Anda

comments