Antusias, Kaum Lansia Ngantri Ikut Vaksinasi Covid-19 Rotary District 3410

oleh -

Palapanews.com – Sejumlah kaum lanjut usia (Lansia) tampak  tenang menunggu giliran mendapatkan penyuntikan vaksinasi Covid-19 di Lantai 3 Mall Kelapa Gading 5, Jakarta Utara, pada Kamis (25/3/2021).

Hampir seluruh Lansia yang datang didampingi anak atau cucu mereka itu antusias mengantri mengikuti tahapan vaksinasi Covid-19 yang akan diselenggarakan selama satu minggu mulai 25 – 31 Maret 2021 itu. “Ya, di sini suasananya nyaman dan tidak menegangkan seperti di rumah sakit,” ucap Marcela yang mendampingi sang ibu di lokasi antrian.

Adharta Ongkosaputra, Ketua Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 (KILL Covid-19) dalam sambutannya mengatakan, dirinya sempat mendapatkan tiga orang Lansia yang datang tanpa mengetahui bakal divaksinasi Covid-19. “Anaknya cuma bilang mau main ke mall,” ujar Adharta Ongkosaputra mengulangi cerita pendamping peserta vaksinasi.

Menururt Past District Governer Rotary Eva Kurniaty, yang juga Ketua The Rotary Foundation District 3410, penyelenggaraan vaksinasi Lansia ini merupakan bentuk partisipasi aktif Rotary District 3410 dalam mendukung program pemerintah memberantas virus corona. Eva berharap program vaksinasi ini bisa terlaksana dengan baik dan membentuk kekebalan masyarakat sehingga semua bisa beraktivitas di era new normal.

“Kalau sudah divaksinasi Covid-19 semua dapat kembali beraktivitas, roda ekonomi bergulir lagi, dan masyarakat pun bisa bersilaturahmi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya tampak optimistis.

Pihaknya mengundang para Lansia ber-KTP DKI Jakarta bisa datang langsung ke Mall Kelapa Gading 5 bersama pendamping dengan membawa identitas. Bagi Lansia dari luar daerah pun bisa mendapat layanan vaksinasi ini dengan menyertakan surat domisili dari RT/RW setempat.

Baca juga : Satgas Covid-19 Luncurkan Layanan Helpline 117 Ext. 3

Maxi Rein Rondonuwu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Lansia sedang ditingkatkan untuk memenuhi target pemerintah. Dalam beberapa kunjungan kerja ke lapangan dia mengungkapkan, petugas pelaksana vaksinasi seperti kesulitan mencari Lansia.

Untuk mengejar target, Kementerian Kesehatan melakukan terobosan dengan proaktif menjemput bola mendatangi tempat tinggal Lansia. “Kami akan mendatangi panti jompo yang dihuni Lansia untuk memberikan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Selain Dirjen P2P Kemenkes hadir pula Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim. Ia menghimbau agar kaum Lansia melaksanakan vaksinasi Covid-19 yang menjadi program prioritas pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Rencananya kegiatan serupa akan dilaksanakan pula di kawasan Timur Indonesia dalam waktu dekat ini. Menurut Romy Junardy dari Rotary District 3420 Indonesia yang berbasis di Surabaya, pihaknya pun akan berpartisipasi mendukung program pemeritah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia. (rls/bd)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.