Alami Kemiringan 2 Derajat, Kantor Arsip Kota Tangerang Tak Layak

oleh -

Palapanews.com Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang dinilai sudah tak layak untuk difungsikan. Sebab, gedung dengan nama Windu Karya tersebut telah menampung beban teramat berat dari dokumen (arsip) se-Kota Tangerang.

Menurut Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Ahmad Suhendar, jika gedung atau kantor telah banyak menampung beban, sehingga konstruksi bangunan pun mengalami kendala.

“Waktu itu sudah pernah diteliti oleh konsultan konstruksi, dan hasilnya bangunan gedung mengalami kemiringan dua derajat,” kata Ahmad Suhendar, Senin, 8 Maret 2021.

Pria yang akrab disapa Hendar tersebut menambahkan, kemiringan disebabkan banyak beban yang berasal dari arsip sejak berdirinya Kota Tangerang.

“Hampir semua arsip ada disini. Sebenarnya, gedung ini tidak diperuntukan untuk menyimpan arsip, melainkan untuk perkantoran,” pungkasnya.

Untuk arsip yang disimpan di Gedung Windu Karya ini, kata Hendar, terdiri 14 lemari mobile file atau roll o pack yang memiliki berat hingga satu ton (satu lemari) dan 404 rak yang memiliki berat sekitar 100 kilo gram per rak.

“Tinggal dikalikan saja itu beban dari arsip yang ada. Dan, ini menjadi PR yang sangat serius,” ujarnya.

Hendar berharap arsip-arsip dengan jumlah ratusan ribu ini bisa disimpan di tempat yang layak, sehingga akan terjaga kualitasnya.

“Kami butuh Depo Arsip dengan standar nasional untuk menyimpan arsip statis dan arsip dinamis yang jumlahnya ratusan ribu dokumen,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments