PKM Mahasiswa UNPAM Gelar Seminar & Workshop “Peran Generasi Muda Dalam Masa Pandemi”

oleh -

Palapanews.com – Mahasiswa Prodi Manajemen UNPAM melaksanakan kegiatan PKM dengan menggelar Seminar & Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk: “Peran Generasi Muda Dalam Masa Pandemi”.

PKM mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) ini, berlangsung pada Minggu, 7 Maret 2021 di Kelurahan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Mereka memberikan seminar kepada sejumlah pemuda-pemudi, terjun langsung ke masyarakat di RT.02/RW.02 Kelurahan Serpong.

Rony Noor Ikhwan, Ketua RT.02/RW.02 menyambut baik kegiatan PKM Mahasiswa UNPAM ini, dan menyampaikan ucapan terima kasih. Dia berharap kegiatan seminar dan workshop ini, dapat menambah pengetahuan para pemuda di wilayahnya.

Sementara itu, Lina Noviana, Dosen Prodi Manajemen UNPAM, selaku dosen pembimbing menjelaskan, PKM dari mahasiswa baru ada dilaksanakan pada tahun ini, karena sebelumnya PKM itu dilakukan oleh dosen.

“Untuk tahun ini, supaya lembaga kita UNPAM lebih bagus, lebih dikenal oleh masyarakat, makanya dari mahasiswa juga melakukan PKM. Itu juga sebagai salah satu syarat membuat skripsi,” katanya usai kegiatan seminar & workshop.

Baca juga : Yuk, Raih Beasiswa Gratis Program Professional Academy Digital Talent Scholarship dari DQLab UMN

“Jadi diharapkan dengan PKM ini, apa yang didapat mahasiswa di kampus dapat ditransfer kepada masyarakat, pada umumnya, dapat bermanfaat juga mahasiswa-mahsiswa untuk masyarakat di sekitar kita,” tambahnya.

Masih menurut Lina, mereka mayoritas yang PKM pada hari ini adalah  kelas malam, jadi mereka semua bekerja. Ada sebagian mereka, mahasiswa pada saat pendemi terkena PHK dari perusahaannya. Namun, tegas dia dengan adanya PHK sebagai mahasiswa jangan kehabisan akal, bahwa tidak bekerja maka tidak bisa mempunyai penghasilan.

“Tapi kita bisa tetap mempunyai penghasilan, misalnya dengan kita bisnis online, kita bisa jualan seperti di Shopee. Sekarangkan bisnis online sedang meningkat. Misalnya untuk cowok-cowok bisa bisnis ikan cupang, untuk cewek cewek bisa jualan baju atau lainnya,” beber Lina.

Pada kegiatan PKM ini, menurut Lina, terbagi dalam tiga kelompok dimana satu kelompok terdiri dari lima orang mahasiswa. Jadi, totalnya ada 15 mahasiswa yang mengikuti PKM kali ini. Mereka semua adalah mahasiswa kelas malam.

Seminar berlangsung dalam tiga sessi, masing-masing kelompok menyampaikan tema yang berbeda dan diikuti dengan antusias oleh peserta. Usai materi dilanjutkan dengan game untuk para peserta kaitan dengan materi yang disampaikan. PKM Mahasiswa UNPAM ditutup dengan pemberian plakat kepada Ketua Karang Taruna Kelurahan Serpong Sofyan Maulana, yang turut mendukung kegiatan ini. (bd)

Komentar Anda

comments