Warga Miskin di Kota Tangerang Tembus 118.22 Jiwa

oleh -

Palapanews.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang mencatat angka kemiskinan penduduk di Kota Tangerang bertambah 5,22 persen atau 118.22 ribu jiwa di tahun 2020.

“Kita mencatat ada sekitar 118,22 ribu penduduk miskin atau setara dengan 632.835 warga yang berada dibawah kemiskinan,” ujar Kepala BPS Kota Tangerang, Budi Supriyanto seraya menambahkan, sebelum pandemi Covid-19, penduduk miskin tercatat sebanyak 98,37 ribu setara dengan 4,43 persen.

“Ditengah pandemi Covid-19 ini banyak warga yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK), penghasilannya juga menurun dan lainnya, sehingga angka kemiskinan pun naik,” katanya, 2 Februari 2021.

Budi menambahkan, BPS Kota Tangerang mencatat angka kemiskinan dan angka kemiskinan melalui survei sosial ekonomi nasional.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo mengungkapkan, saat pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang terdampak, khususnya masalah pendapatan. Untuk membantu atau meringankan beban bagi yang terdampak, DPRD Kota Tangerang bersama Pemerintah Kota Tangerang bersingergi meluncurkan berbagai program seperti program ketahanan pangan dengan memberikan bibit tanaman maupun bibit ikan.

“Jadi selain membantu mengurangi beban biaya untuk membeli sayuran, program ketahanan pangan juga dapat menumbuhkan budaya bercocok tanam di pekarangan rumah, sehingga ketahanan pangan mandiri dapat terbentuk,” jelasnya

Selain program ketahanan pangan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi juga memberikan bantuan, contohnya bantuan yang diperuntukan bagi UMKM dan bantuan sosial tunai.

“Adanya bantuan ini masyarakat diharapkan untuk lebih berkreasi seperti membuka usaha demi meningkatkan perekonomian keluarga,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.