Si Benteng jadi Primadona, Tata Kelola Transportasi Wajib Profesional

oleh -

Palapanews.com- Angkutan kota yang modern, aman, dan nyaman telah beroperasi untuk memenuhi kebutuhan transportasi massal bagi masyarakat Kota Tangerang.

Angkutan kota dengan julukan Si Benteng dan Bus Rapid Transit (BRT) atau Tayo dengan koridor 4 telah diresmikan oleh Walikota dan Wakil Walikota Tangerang.

Untuk memaksimalkan pelayanan transportasi kebanggaan masyarakat Kota Tangerang tersebut, tentunya dibutuhkan tata kelola dan manajemen transportasi yang profesional, sehingga keberadaan Si Benteng dan Tayo dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Lembaga Kebijakan Publik, Ibnu Jandi, Rabu, 13 Januari 2021.

Menurut Ibnu Jandi, keberadaan Si Benteng dan Tayo ini menjadi salah satu terobosan Pemerintah Kota Tangerang dalam menciptakan transportasi yang diinginkan masyarakat, sehingga dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menciptakan manajemen transportasi yang baik dan benar.

“Ini sebuah kemajuan yang luar biasa dari Pemkot Tangerang. Sebab, masyarakat menginginkan pelayanan transportasi yang aman, nyaman, murah, dan tepat waktu,” kata Ibnu Jandi seraya menambahkan, Si Benteng dan Tayo harus menjadi primadona sebagai alat transportasi yang ada di Kota Tangerang.

Ibnu Jandi menerangkan, untuk memaksimalkan tata kelola transportasi yang baik, PT Tangerang Global Nusantara (TNG) yang dipercaya untuk bertanggungjawab dalam pengelolaan tentunya harus melakukan evaluasi dari berbagai aspek.

“Evaluasi ini harus dilakukan satu semester atau 6 bulan kedepan. Artinya, segala bentuk keunggulan dan kelemahan akan terlihat, baik di internal PT TNG maupun ekternal,” pungkasnya.

Sehubungan dengan adanya Penyertaan Modal Perusahaan (PMP) dari Pemkot Tangerang ke PT TNG, kata Jandi, selayaknya harus dipergunakan secara efektif, efisien, ekonomis, dan tepat guna untuk kemajuan transportasi di Kota Tangerang.

“Dengan angka Rp49 miliar dari PMP tersebut, PT TNG harus berhati-hati dalam mengelola keuangan yang berasal dari APBD Kota Tangerang. Dan, Pemkot Tangerang juga harus memantau pergerakan keuangan dari PMP itu. Semoga dengan adanya suplai dana dari pemerintah daerah, PT TNG dengan Si Benteng dan Tayo dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”paparnya.(ydh)

Komentar Anda

comments