Ini, Ajakan Andy F Noya & Rektor Ninok Laksono di Wisuda XIX UMN

oleh -

Palapanews.com – Andy F Noya, seorang jurnalis sekaligus founder BenihBaik.com dihadirkan untuk memberikan motivasi kepada seluruh wisudawan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) XIX 2020.

Andy mengawali ulasannya dengan kenyataan bahwa 10 tahun yang lalu banyak mahasiswa menderita karena pilihan jurusan pendidikan yang tidak mereka sukai. Banyak mahasiswa masuk jurusan pendidikan yang sebenarnya bukan pilihan jurusan mereka sendiri.

“Sepintas tentu tidak ada yang salah, semua orang tua ingin anak-anaknya sukses dalam pekerjaan, karier, punya pekerjaan bagus, sehingga dengan demikian anak-anaknya akan bahagia. Tetapi antara keinginan orang tua dan realita yang dihadapi anak-anak sering berbeda. Setiap anak punya jalan pikiran sendiri, punya cita-cita sendiri, punya mimpinya sendiri,” ungkap Andy di Wisuda XIX UMN secara daring Sabtu (19/12/2020).

Kejadian ini membawa Andy bersama Nugie – seorang musisi – memulai sebuah gerakan yang diberi nama Lentera Jiwa yang diambil dari judul lagu yang diciptakan Nugie. Lagu ini bercerita mengenai pengalaman banyak mahasiswa yang menjalani pendidikan yang tidak sejalan dengan cita-cita.

Andy mengajak agar setiap wisudawan untuk menemukan lentera jiwa, yaitu passion, sesuatu yang membuat bahagia pada saat seseorang melakukannya. Lentera jiwa akan membawa setiap orang pada kesuksesan yang tinggal menunggu waktu.

Andy kemudian menyampaikan bahwa zaman sudah berubah akibat gelombang industri 4.0. Fenomena kemudian juga ikut berubah, kini seorang dokter bisa merasa nyaman menjadi seorang youtuber, seorang psikolog membuka sebuah kedai kopi, dan seterusnya. Akses pilihan mulai terbuka lebar, banyak anak muda memilih untuk menciptakan lapangan kerja daripada mencari kerja.

Pada kesempatan akses yang terbuka ini, Andy mengajak setiap anak muda untuk menjadi seorang sociopreneurship, agar semakin banyak anak muda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial bermodal ilmu yang didapatkan di kampus.

Baca juga : UMN Luluskan Magister Manajemen, Sarjana TF dan TE Angkatan Pertama

“Melalui kegiatan usaha sosial ini kami ingin agar ilmu yang diperoleh di kampus, ditambah pengetahuan teknologi informasi dan teknologi digital, maka akan semakin banyak anak-anak muda yang dapat melakukan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat di sekitar usahanya,” harap Andy.

Andy berpesan kepada wisudawan agar apapun profesi yang nantinya akan dipilih bisa selalu memiliki dampak sosial dan ekonomi yang bisa didesain sejak awal. Hal ini akan membantu berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan.

“Hidup hanya sekali, untuk itu hidup harus berarti. Dengan ilmu yang sudah di dapat dari UMN, buatlah hidupmu lebih berarti,” tegasnya.

Sejalan dengan pesan Andy, Rektor UMN Dr. Ninok Leksono M.A. dalam sambutannya juga memberikan motivasi untuk para Wisudawan XIX UMN agar terus bermimpi dan jangan menyerah dengan situasi pandemi saat ini.

“Pesan Pak Rektor, tetap bangun mimpi dan pikirkan cara-cara untuk meraihnya. Justru ketika zaman sulit, lapangan kerja terbatas, jangan pernah berhenti berusaha dan berdoa. Salah satunya adalah terus menjaga pertemanan, memperluas jaringan kontak,” ujar Ninok.

Ninok juga menyampaikan ia dan pimpinan UMN turut mendoakan agar wisudawan XIX UMN meraih masa depan yang sukses.
“Saya dan pimpinan UMN yang lain terus  mendoakan Anda semua, semoga Tuhan memberkati dan membukakan jalan sukses untuk masa depan Anda,” tutup Ninok. (rls/bd)

Komentar Anda

comments