UMN Luluskan Magister Manajemen, Sarjana TF dan TE Angkatan Pertama

oleh -
Augmented Reality Pemindahan Kuncir Topi Toga Wisudawan (dok. UMN)

Palapanews.com – Wisuda UMN XIX 2020 meluluskan sebanyak total 376 wisudawan. Secara perdana UMN juga  meluluskan 23 mahasiswa Magister Manajemen Teknologi (MMT) angkatan pertama.

Wisuda XIX UMN digelar secara virtual menggunakan platform Zoom Meeting pada Sabtu, 19 Desember 2020 dan mengimplementasikan teknologi augmented reality (AR). UMN menjadi universitas swasta pertama di Indonesia yang membuka program MMT yang dapat ditempuh dalam satu tahun masa studi.

Salah satu wisudawan MMT UMN angkatan pertama, Arief Setyadi Hernawa mengaku ilmu yang diberikan saat menempuh masa studi sangat bermanfaat dalam mengembangkan strategi manajemen teknologi di tempatnya bekerja.

“Ilmu dari jurusan Magister Manajemen Teknologi ini sangat mendukung untuk dapat  melakukan pengelolaan inovasi dan teknologi terkini yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha yang memang sangat dibutuhkan di bidang industri saat ini. Selain itu, program MMT UMN sangat cepat karena dapat diselesaikan dalam waktu satu tahun,” jelas Arief.

Dia juga mengaku merasa senang karena  banyak terfasilitasi selama menempuh masa studi di MMT UMN. Dosen di MMT UMN sangat berkompeten dan sering dihadirkan dosen tamu baik dari dalam maupun luar negeri yang merupakan praktisi di dunia Industri yang related dengan ilmu yang dipelajari di MMT.

“Hal ini membuat saya sangat bangga karena dapat bertemu teman-teman baru yang merupakan profesional dari berbagai bidang industri untuk bertukar pikiran dan mengembangkan wawasan,” ujar Arief.

Wisudawan MMT UMN Arief Setyadi Hernamawa (dok. UMN)

Selain meluluskan wisudawan MMT UMN angkatan pertama, pada wisuda kali ini UMN juga meluluskan sarjana prodi Teknik Fisika (TF) dan Teknik Elektro (TE) angkatan pertama.

Prodi Teknik Fisika UMN berfokus pada energy management, dimana gedung berpredikat hemat energi yang dimiliki UMN – yang telah meraih penghargaan tingkat nasional maupun internasional – akan menjadi nilai bonus pengalaman pembelajaran sebagai living laboratory bagi lulusan Teknik Fisika UMN.

Sementara itu, Teknik Elektro UMN berfokus pada industrial automation yang disiapkan agar mampu merancang berbagai instrumen elektronik dan mekanik, teknik kendali dan pemrograman komputer untuk berfungsi secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

Lulusan Pertama Teknik Fisika

Lulusan Teknik Fisika Pertama, Ananda Karuna Jaya sekaligus berhasil menyandang predikat Cendekia Utama pada Wisuda XIX kali ini. Prestasi ini diraih karena Ananda aktif di berbagai organisasi di UMN dan kerap mewakili UMN dalam perlombaan tingkat nasional.

“Untuk saya sendiri di prodi Teknik Fisika merasa sangat terbantu dengan gedung-gedung di UMN. Dari gedung A sampai D bisa dijadikan bahan penelitian dan bahkan bisa menjadi jawaban dari tugas-tugas yang dosen berikan. Praktikum tidak perlu repot-repot keluar kampus untuk mencari gedung hemat energi  gedung New Media Tower (C) dan Gedung PK Oyong Jakob Oetama (D)  bisa dijadikan lokasi praktikum itu sendiri,” ujar Ananda.

Baca juga : Wisuda XIX UMN Gunakan Teknologi Augmented Reality dan Perdana Luluskan Magister

Ananda juga mengungkapkan kesannya selama berkuliah di UMN. Menurutnya, lingkungan di UMN dan nilai 5C yang ada di UMN menjadi faktor pendukung prestasinya.

“Lingkungan di UMN sangat mendukung, dimulai dari fasilitas, dosen, staff dan nilai yang  diterapkan oleh UMN itu sendiri yaitu 5C yang membedakan UMN dengan kampus lainnya. Selama berkuliah suasana lingkungannya sangat sejuk dan nyaman. Jadi tidak heran UMN mendapat penghargaan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan seperti salah satunya yang baru-baru ini adalah menjadi The Most Sustainable Private University di Jakarta berdasarkan UI GreenMetric,” ungkap Ananda.

Pada periode Wisuda XIX ini, juga terpilih sembilan wisudawan terbaik yang mewakili masing-masing prodi: Jason Kristanto (Informatika), Peter Liuwandy (Sistem Informasi), Andrew Tjanadi (Teknik Komputer), Dimas Faried Arief Putra (Teknik Elektro), Ananda Karuna Jaya (Teknik Fisika), Christofer Felix (Ilmu komunikasi), Natalia Maria Josephine (Ilmu Komunikasi), Michelle Natasya Azari (Jurnalistik) dan Arief Setyadi Hernawa (Program Magister Manajemen Teknologi). (rls/bd)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.