Rencana Vaksinasi Covid-19, Pemkab Serang Bakal Tunjuk Juru Bicara

oleh -
Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Diskominfosatik Kab. Serang. foto : ist

Palapanews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam waktu dekat akan menunjuk juru bicara terkait rencana vaksinasi covid-19. Penunjukan untuk memudahkan dalam penyampaian sosialisasi kepada masyarakat dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Menurut Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, penunjukan juru bicara vaksinasi daerah berdasarkan hasil rapat koordinasi melalui video conference bersama Pemerintah Pusat Senin (30/11/2020).

“Pemda Kabupaten Serang diminta untuk menunjuk juru bicara terkait vaksin yang akan di berikan ke masyarakat, sehingga akan menjadi narahubung dengan KPCPEN (Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) dan stakcholder di masyarakat,” jelas Anas, Selasa (01/12/2020).

Berkaitan dengan vaksinasi nanti, peranan Diskominfosatik dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta dinas lain yang terkait melakukan desiminasi tentang vaksin baik melalui medsos (media sosial), media meanstream, media center dan jaring komunikasi sosial.

“Melalui kementrian dengan narasi tunggal, sehingga berita di daerah sama dengan yang disampaikan oleh pemerintah pusat,” beber Anas.

Baca juga: Kerumunan jadikan Kota Tangerang Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Diungkapkan bahwa vaksin akan disampaikan kepada masyarakat setelah sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia atau WHO, dan melalui uji klinis. “Dan tentunya melibatkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam prosesnya, demikian sebagaimana yang disampaikan Mentri Kesehatan,” jelas Anas lagi.

Sementara Mendagri Tito Karnavian mengatakan, dengan ditunjuknya juru bicara vaksinasi di setiap daerah sangat penting karena yang berhubungan langsung dengan masyrakat. Sebab, kata dia vaksinasi program sangat penting karena semua negara pun melaksanakan.

“Poin penting penyampaian kepada masyarakat vaksin ini, dilakukan secara bertahap. Pemda harus sampaikan program mulia kepada masyarakat dan menyamakan persepsi terkait vaksinasi,” tegas Tito.

Rapat koordinasi kepala daerah strategis komunikasi publik vaksin yakni publik vaksin mandiri dan komunikasi publik melalui video conference diikuti oleh Sekretariat Negara, Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Mentri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Mentri BUMN Erick Tohir, Mentri Kominfo Johnny G. Plate, dan sejumlah kepala daerah tingkat provinsi serta kabupaten/kota. (rls/bd)

Komentar Anda

comments