GEW Daring Fokuskan Etika Entrepreneur Pada Siswa SPJ

oleh -
Palapanews.com- Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) kembali menggelar Global Entrepreneurship Week (GEW) di tahun 2020. Namun kali ini, gelaran rutin tahunan tersebut dilakukan secara daring pada 16 hingga 21 November 2020.
Principal Eksekutif SPJ, Indira Sunito mengatakan, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, para siswa dari TK hingga SMA diwajibkan membuat suatu produk untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.
“Namun dimasa pandemi, pembuatan produk untuk melatih jiwa entrepreneur tersebut dikirimkan melalui video. Kemudian yang terpilih akan ditampilkan dalam puncak GEW melalui aplikasi Zoom hari ini,” ujar Indira di SMA Plus Pembangunan Jaya, Sabtu (21/11/2020).
Dalam GEW 2020 bertema Entrepreneurship Power for Youth, pihaknya memfokuskan kepentingan para siswa sebagai upaya penguatan jiwa dan etika entrepreneur yang benar.
“Pelaksanaan GEW intinya mematangkan siswa untuk memiliki life skill yang baik, kebetulan ada bisnisnya, bahkan di SMP dan SMA ada student company. Kita mengembangkan karakter positif terlebih di era VUCA yang serba tidak jelas ini. Minimal soft skill-nya, sebagai wujud komitmen SPJ dalam menciptakan entrepreneur dan tekhnopreneur yang mumpuni,” ungkapnya.
Lanjut Indira, smart kurikulum yang dikembangkan SPJ pun diperkaya dengan materi untuk mencerdaskan. Yaitu, penggabungan materi menjadi satu proyek yang dibuat para siswa dengan izin orang tua dan guru kemudian dipamerkan secara internal maupun eksternal.
“Seperti akademik, pengayaan, strategi yang kami kembangkan cenderung berpusat pada anak. Contohnya batik SPJ ini, yang dibuat desainnya dari hasil perlombaan, jadinya bisa memiliki ciri khas. Lalu terlihat anak SD bikin sandwich dalam yang telah ditampilkan melalui zoom. Mereka kita biasakan dan beri pengalaman agar keterampilan hidup mereka semakin banyak,” bebernya.
Selain penampilan para siswa terpilih melalui aplikasi Zoom, SPJ juga mengundang Andre Surya sebagai animator untuk memberikan materi dalam Podcast YouTube, sehingga bisa disaksikan oleh para siswa.
“Insya Allah semester depan akan ada ekskul coding, karena anak remaja pikirannya kesana dan SPJ tidak boleh ketinggalan zaman. Terlebih masa Pandemi yang mengajarkan kita untuk lebih cerdas dengan adanya kombinasi dan kolaborasi antar guru, dalam mencari materi yang baru,” tandasnya. (nad)

Komentar Anda

comments