Waspada! Cuaca Ekstrem di Wilayah Tangerang Raya

oleh -
Ilustrasi. Foto: Ist

Palapanews.com- Cuaca yang tak menentu di banyak wilayah khususnya di wilayah Tangsel, disebabkan karena musim penghujan telah tiba. Hal ini diungkapkan Kasub Bid Pelayanan Jasa Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah II Ciputat, Darman.

“Dikarenakan sudah memasuki awal musim hujan, jadi pada pagi atau siang hari terasa panas menyengat, dan kemungkinan sore hari hujan. Seperti itu,” kata Darman dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

Dari hasil analisa cuaca dan iklim yang dilakukan oleh Stasiun Klimatologi Tangsel, masyarakat diharapkan waspada datangnya cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

“Kondisi ini terjadi karena di sebagian wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel, sudah memasuki musim hujan. Namun, juga dapat dimungkinkan terjadinya cuaca ekstrim seperti hujan lebat yang disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Tangerang Raya,” jelasnya.

Adanya lapisan atmosfer berupa Tropical Cyclone Alicia dan Eddy Sirkulasi yang menimbulkan fenomena hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir. Terlebih gangguan atmosfer berupa adanya dua tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Sumatra.

“Tropical Cyclone ALICIA dan juga pusaran angin atau kita menyebutnya dengan Eddy sirkulasi yang sedikit banyak berkontribusi terhadap penambahan jumlah curah Hujan di Tangerang Raya,” terang Darman.

Maka dari itu, pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat Tangsel dan sekitarnya agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang kapan saja bisa terjadi.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem ini dan tetap selalu update informasi cuaca dari BMKG,” tutupnya. (nad)

Komentar Anda

comments