SDN Karang Tengah 10 Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

oleh -

Palapanews.com Sekolah bersih, sehat, nyaman dan ramah lingkungan merupakan cita-cita dari seluruh komponen warga sekolah. Untuk menciptakan kondisi sekolah seperti itu bukanlah pekerjaan mudah, dibutuhkan kerja keras, semangat dan kekompakan dari seluruh warga sekolah.

Seperti yang saat ini sedang dilakukan oleh SDN Karang Tengah 10, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Dengan semangat yang tinggi ditambah dengan kekompakan dan tanggung jawab semua pihak, mulai dari tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan serta peran  seluruh wali murid. Telah membawa sekolah ini lolos dalam Penilaian Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Tangerang dan Provinsi Banten. Bahkan tak puas sampai disitu, dibawah kepemimpinan N.Dais, M.Pd, saat ini SDN Karang Tengah 10, sedang dipersiapkan untuk menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan kekompakan dari seluruh komponen warga sekolah di SDN Karang Tengah 10 ini. Seluruh guru sangat bertanggung jawab dan komitmen dengan jadwal kegiatan yang sudah kita rumuskan bersama. Para guru tetap semangat meskipun jadwal pembelajaran saat ini masih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena wabah Covid-19”, terang N. Dais kepada wartawan, Jum,at 20 November 2020.

Berbagai upaya untuk pemenuhan Standar Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional terus dilakukan. Mulai dari pembenahan administrasi sekolah hingga pembenahan infrastruktur sekolah, seperti infrastruktur yang sifatnya indoor maupun outdoor terus dibenahi dan dilengkapi.

“Untuk indoor kami melakukan perapihan fasilitas ruang kelas, sedangkan untuk outdoor kami melakukan pembenahan taman, drainase, tempat pemilahan sampah hingga pembuatan green house sebagai upaya pembelajaran akan tentang ketahanan pangan,” katanya.

Ia menambahkan, Program Sekolah Adiwiyata merupakan Program dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Dan, semua termasuk warga sekolah di harapkan bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Kami terus melakukan upaya mengedukasi warga sekolah, memotivasi agar tumbuh partisifasi dari warga sekolah dan mendorong program ini agar bisa berkelanjutan,” paparnya.

Ia menambahkan, prinsip utama dari Sekolah Adiwiyata adalah terciptanya sekolah yang ramah lingkungan. Dimana  seluruh warga sekolah tumbuh kesadaran diri untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, agar ekosistem alam bisa seimbang dan terjaga, sehingga akhirnya seluruh warga sekolah bisa merasakan suasana sekolah yang aman, nyaman dan kondusif serta layak sebagai tempat untuk menimba ilmu.(ydh)

Komentar Anda

comments