BCA Dukung Pergelaran Lomba Tari dan Fashion Busana Daerah Secara Virtual

oleh -

Palapanews.com – Bakti BCA bersama Sanggar Sampan Bujana Sentra serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Tari Kreasi Nusantara dan Lomba Fashion Busana Daerah.

Menariknya, seluruh proses Lomba Tari Kreasi Nusantara, Lomba Fashion Busana Daerah, dan penjurian dilakukan secara virtual. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi nasabah dan masyarakat, termasuk pelestarian budaya Nusantara.

Para peserta lomba diwajibkan mengirimkan video tari berdurasi 5-7 menit atau video peserta sedang memeragakan busana daerah dengan durasi 3 menit. Meski hanya mengirimkan video, seluruh peserta wajib mengenakan masker dan face shield. Kegiatan ini diikuti lebih dari 500 peserta tari dan 300 peserta lomba fashion dari seluruh pelosok Tanah Air.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak 15 Oktober hingga 3 November 2020 ini dilatarbelakangi oleh kemauan untuk terus berkarya di masa pandemi, melestarikan budaya bangsa dan memperingati Hari Sumpah pemuda melalui kegiatan positif di bidang seni dan budaya.

Turut mendukung kegiatan ini, Direktur Sampan Bujana Sentra Uniek Sampan Hismanto, Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Restu Gunawan.

Adapun Juri Lomba Tari Kreasi Nusantara adalah Koreografer & Seniman Tari Sampan Bujana Sentra Uniek Sampan Hismanto, Dosen Tari Pendidikan Institut Kesenian Jakarta Melina Surya Dewi, Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Ditjenbud Nanang Riswandi.

Juri Lomba Fashion Busana Daerah adalah Director Look Inc Lulu Dewayanti Drachmann, Rotterdamse Mode Akademie in Nederland Uniek Sampan Hismanto dan Peraga Pria & Penyaji Pria Terbaik Parade Busana Daerah 2013, Denny Hartanto.

“Sepanjang prosesi penjurian, para juri tidak bertemu satu sama lain. Para juri tetap berada di rumah masing-masing, begitu pula seluruh peserta. Namun, kami tetap berkarya,” kata Uniek Sampan Hismanto.

Menurut Inge Setiawati, Lomba Tari Kreasi Nusantara dan Lomba Fashion Busana Daerah merupakan salah satu wujud kepedulian BCA terhadap pelestarian kebudayaan, yang menjadi penguat karakter bangsa khususnya generasi muda.

“Dengan demikian kami berharap generasi muda bangsa dapat semakin mencintai budaya, mendorong tumbuhnya kreativitas, dan tetap berkarya di masa Pandemi,” tandas Inge.

Baca juga: DBPR Tangsel Fokus Percepatan Revitalisasi Pasar Ciputat Tahap Awal

BCA sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan melestarikan budaya Indonesia. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang serba canggih, budaya bangsa yang sudah melekat sejak dulu sudah sepatutnya dijaga.

“Selain itu, BCA selama ini juga berperan aktif mendukung pelestarian Budaya Indonesia melalui beberapa kegiatan antara lain dukungan pelestarian wayang, pembinaan pada desa wisaya wayang dan komunitas pengrajin Batik dan lainnya,” tambah Inge.

“Kita pun sudah sepatutnya bangga akan budaya yang dimiliki oleh bangsa ini. Selain itu, kami berharap melalui gelaran ini, budaya Nusantara terus dikenal dan berkibar sebagai salah satu harta bangsa Indonesia,” tutup Restu Gunawan. (rls/bd)

Pemenang Lomba Virtual Tari Kreasi Nusantara
Tunggal Anak
Juara 1 : Kadek Davina Partiana Putri ( Bali )
Juara 2 : Argyanti Jelang Ramadhantya (Jakarta )
Juara 3 : Wildan Diash (Jogjakarta)
Favorite : Nada Yulia Zulma (Sumbar)

Group Anak
Juara 1 :Team Cabe Rawit ( Tagerang)
Juara 2 :Sanggar Gadung Melati (Tulungagung)
Juara 3 :Sanggar Ayunda Puspita Tim B (Tangerang)
Favorite :Mutiara Minang Kids (Sumbar)

Tunggal Dewasa
Juara 1 : Mulyadi Afandi (Jakarta)
Juara 2 : Meyjiansyah (Bangka Belitung)
Juara 3 : Aubrey Annayla Ramadhani (Kediri – Jawa Timur)
Favorite : Denta Sepdwiansyah Pinandito (Jakarta)

Group Dewasa
Juara 1 : D’Generetion (Bali)
Juara 2 : Sanggar Sritanjung (Banyuwangi)
Juara 3 : Halo Bca Dancer (Jakarta )
Favorite : Candra Kanthi SMA N 7 Purworejo ( Purworejo – Jawa Tengah)

 

Komentar Anda

comments