Tampil Pada SEA Games 2019, Prestasi Anniesha Moncer di Rugbi

oleh -

Palapanews.com – Anniesha Septriana Tanursyah, pemain Rugbi kelahiran Kota Tangerang Selatan kebanggaan Provinsi Banten. Prestasinya di Olahraga Rugbi (bahasa Inggris: Rugby) sungguh moncer, dia menjadi satu-satunya atlet Provinsi Banten yang tampil memperkuat tim Nasional di ajang SEA Games 2019 Manila, Filipina.

Lahir dari keluarga atlet, Sang Ayah yang mantan pemain sepak bola nasional dan Ibu juga atlet nasional cabang atletik, gadis yang biasa disapa Nisa ini merupakan puteri ketiga dari empat bersaudari. Adiknya pun tercatat sebagai pemain Rugbi di tim Rugbi Kota Tangsel.

Nisa mengawali karier olahraganya di cabang Atletik mengikuti Sang Bunda di Cabang Lempar Lembing. Nisa menyimpan obsesi ingin memecahkan rekor Sang Bunda yang hingga kini belum terpecahkan sejak tahun 90-an yakni lemparan sejauh 51.76 meter. Dia pun berlatih sangat keras untuk mencapai tujuan itu, sayangnya Nisa tidak mampu meningkatkan performancenya. Lemparannya tidak mampu menandingi rekor Sang Bunda.

“Nisa sudah berlatih keras setiap hari, ternyata lemparan Nisa segitu saja dan tidak ada peningkatan. Karna itu timbulah rasa bosen, dan mungkin memang Nisa tidak bisa lagi berprestasi di atletik. Kalo untuk ukuran tingkat daerah Nisa bisa menjadi nomor satu, tetapi kalo ukuran nasional Nisa berat,” cerita Nisa mengungkap awal perjalanannya sebagai atlet.

Perkenalannya dengan Olahraga Rugbi dimulai saat Nisa diajak oleh teman sekampusnya di Universitas Nasional Jakarta (UNJ) yang bernama Visi, dia adalah atlet di tim Rugbi UNJ. Visi mengajak Nisa untuk bergabung di Club Rugbi UNJ, dan Nisa pun tertarik sehingga akhirnya menekuni olahraga yang mulai dimainkan pada tahun 1823 di England itu.

Baca juga: Syahara, Atlet Panahan Tangsel Peringkat 14 Nasional Compound

“Awalnya Nisa penasaran olahraga Rugbi itu apa, ehh ternyata setelah Nisa tekuni berlatih setiap hari di Club UNJ Nisa merasa enjoy, sebab olahraga ini sangat menarik dan bisa dibilang olahraga keras. Alhamdulillah setelah gabung di Club UNJ Nisa ditarik lah ke Rugbi Banten buat persiapan Pra PON di bali 2019, di situ lah Nisa dilirik pelatih timnas saat berlaga di Pra PON,” beber Nisa.

Berlanjut Nisa pun akhirnya di tes fisik bersama sejumlah atlet lainnya dari berbagai daerah. “Alhamdulilah Nisa dinyatakan lolos seleksi timnas. Bulan September 2019 Nisa mulai gabung timnas berlatih di Jogja, tinggal di mes untuk persiapan SEA Games. (bd)

BIODATA

Nama: Anniesha Septriana Tanursyah

Kelahiran: 27 September 1997

Pendidikan: Universitas Negeri Jakarta

Hobi: Olahraga

Cita-cita: Atlet Internasional

Ayah: Nurhasan

Ibu: Tati Ratna Nengsih

 

Komentar Anda

comments