5 Cara Mengejutkan yang Membuat Bersepeda Gunung Dapat Membuat Anda Bahagia

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat

Palapanews.com- Bagi pengendara sepeda mana pun, perasaan senang dan kepercayaan diri yang didapatkan ketika bersepeda adalah hal yang sudah diketahui secara luas. Sebuah penelitian yang menganalisis hubungan antara olahraga dan kesehatan mental mendukung hal ini.

Bersepeda gunung ternyata tak hanya memberi banyak manfaat kesehatan fisik (meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi). Olahraga ini juga dapat membuat Anda bahagia dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Bagaimana bisa? Berikut ini alasannya:

Suasana Alam

Jika bersepeda saja memiliki efek positif, manfaatnya tentu akan berlipat ketika dikombinasikan dengan berada di alam bebas. Penelitian yang dilakukan Universitas Stanford pada 2015 menemukan bahwa para peserta yang berjalan-jalan di tengah pepohonan mengalami lebih sedikit kecemasan, meningkatkan kinerja pada tugas-tugas memori, dan memiliki emosi positif yang lebih besar dibandingkan dengan peserta yang berjalan-jalan di lingkungan perkotaan dengan lalu lintas yang sibuk.

Para peneliti menyimpulkan bahwa berada di tengah alam dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Hal itu sejalan dengan biophilia, gagasan yang dicetuskan ahli biologi dan naturalis Edward O. Wilson pada 1984. Wilson berpendapat bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk selalu berhubungan dengan alam. Hubungan itu meningkatkan suasana hati dan relaksasi, mengurangi stres dan amarah, membangun kepercayaan diri dan harga diri.

Bersepeda gunung adalah cara yang bagus untuk menikmati keindahan alam di sekitar Anda. Jalur single-track yang melalui hutan pinus yang indah atau melintasi pemandangan perbukitan memberi Anda kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan alam.

Hormon Bahagia

Selesai bersepeda, Anda akan merasa berenergi dan bahagia. Mengapa? Saat Anda menggerakkan tubuh dan berkeringat, Anda melepaskan endorfin dan hormon bahagia lainnya yang membantu mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik. Olahraga juga mengurangi produksi kortisol (hormon penyebab stres) dan mampu mengatasi kecemasan dan depresi.

Menurut studi yang dilakukan University of Vermont, berolahraga sedikitnya 20 menit sehari dapat meningkatkan suasana hati Anda hingga 12 jam. Yang lebih baik lagi, berolahraga di luar ruangan meningkatkan manfaat olahraga itu! Jadi, daripada pergi ke gym, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan bersepeda gunung!

Pikiran yang Fokus: saat ini, di sini

Di dunia yang serba modern ini, sungguh sulit untuk tetap fokus. Anda terus-menerus ditarik dari satu tugas ke tugas lainnya, terganggu oleh berita, pesan teks, atau meme lucu dari rekan Anda. Anda sedang duduk untuk menyelesaikan tugas yang penting, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda sudah menjelajahi sosial media!

Anda tidak mungkin melakukan itu ketika sedang bersepeda gunung. Bisa-bisa sepeda Anda berakhir menabrak pohon! Perhatian Anda harus tetap fokus pada jalan setapak di depan Anda, menghindari rintangan, berbelok, mengerem, dan memperhitungkan reaksi. Hanya ada “di sini” dan “saat ini”. Dengan bersepeda gunung, Anda bisa berlatih mindfulness, salah satu kunci kebahagiaan.

Kepercayaan Diri yang Tinggi

Apa yang terjadi dengan kondisi mental Anda saat Anda berhasil menaklukkan bagian jalan yang menurut Anda tidak dapat dicapai, atau menyelesaikan target waktu baru di jalur favorit Anda?

Bersepeda gunung (dan olahraga secara umum) mendorong Anda untuk menetapkan tujuan dan mendapatkan kepuasan setelah tujuan itu tercapai. Saat Anda melibas rintangan untuk pertama kalinya atau menyempurnakan keterampilan baru, rasa percaya diri Anda akan terus meningkat.

Hubungan dengan Orang Lain

Sebagian besar pengendara sepeda gunung bergabung dengan komunitas dan memiliki hubungan yang kuat dengan para anggotanya. Mereka biasa bercakap-cakap di jalan setapak, menjadi sukarelawan di acara perkumpulan, atau mampir ke toko sepeda setempat untuk sekadar menyapa.

Hal-hal inilah yang memupuk dukungan positif dan hubungan yang berarti dengan rekan pesepeda gunung Anda. Jaringan dukungan ini mengurangi perasaan kesepian dan isolasi sosial yang lebih sering terjadi di dunia saat ini. Komunitas yang mendukung juga akan mendorong Anda untuk lebih terlibat banyak aktivitas di luar.

Dengan semua alasan itu, bersepeda gunung adalah aktivitas yang berkualitas. Agar Anda bisa menikmati sepenuhnya, Anda harus melakukannya tanpa mengkritik diri sendiri. Jika Anda dapat menerima diri sendiri selama aktivitas itu, Anda pun akan lebih mudah merasa bahagia. (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.