Diduga Buang Air Limbah, Dinas Lingkungan Hidup Terjunkan Tim untuk Cek Amdal

oleh -
banner 300250

Palapanews.com- Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang langsung menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan terkait dugaan buangan air limbah disalah satu apartemen di kawasan Warung Mangga, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Dedi Suhada, Selasa, 8 September 2020.

Menurut Dedi Suhada, pihaknya (DLH) langsung menerjunkan tim untuk melihat dokumen amdal dari apartemen yang diduga membuang air limbah ke saluran drainase. “Kita terjunkan tim untuk melihat dokumen amdalnya. Ini merupakan salah satu laporan dari masyarakat,” kata Dedi Suhada.

Dedi menambahkan, apabila dokumen amdalnya sudah diketahui, maka akan diketahui permasalahannya seperti apa.

“Jika ada kesalahan, maka akan kami buatkan BAP,” tegas Dedi Suhada.

Sebelumnya, warga Panunggangan mengeluh karena ada dugaan salah satu apartemen yang berlokasi di kawasan Warung Mangga Kecamatan Pinang, Kota Tangerang membuang air limbah di saluran drainase yang mengakibatkan genangan air.

Hal ini disampaikan oleh Ketua RW 01, Kelurahan Penunggangan, Sayuti, Selasa, 8 September 2020.

Menurut Sayuti, setiap kali pengelola apartemen membuang air limbah pasti mengakibatkan genangan air yang cukup banyak. “Setau saya, air buangan apartemen itu dibuang melalui saluran drainase, sehingga airnya luber ke jalan,” kata Sayuti.

Pria yang akrab disapa Bang Gaper ini menambahkan, selayaknya sebuah apartemen itu memiliki saluran pembuangan yang bagus dan ramah lingkungan, sehingga tidak merugikan masyarakat sekitar.

“Saya duga saluran pembuangannya tidak ada, jadi ketika air itu dibuang pasti naik keatas jalan,” papar Gaper seraya menambahkan, air limbah itu dibuang paling cepat seminggu sekali. “Pas air itu dibuang yang pertama kali komplen adalah warga. Saya pun langsung menegur pengelola apartemen, tapi sangat disayangkan peristiwa ini pun sering terjadi tanpa ada solusi,” tegasnya.

Lurah Panunggangan, Saiful Ulum ketika dikonfirmasi menerangkan, peristiwa ini memang menjadi keluhan warga sekitar. Dan, pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tangerang untuk dilakukan pengecekan saluran air.

“Kita harapkan Dinas PUPR segera meninjau lokasi, karena ini menjadi keluhan masyarakat yang berada di lingkungan sekitar apartemen,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments