Cheese Streusel Tape Singkong, Pangan Lokal ala Western Ini Bisa Jadi Oleh-oleh khas Tangsel

oleh -
Cheese Streusel Tape Singkong. Foto: Nad
banner 300250

Palapanews.com- Streusel, biasa dikenal sebagai hidangan penutup ala western dengan bahan dasar rhubarb. Namun, koki asal Tangerang Selatan (Tangsel) membuat resep streusel dari pangan lokal dengan tampilan dan cita rasa internasional.

“Masyarakat Indonesia sedikit-sedikit rela membeli makanan yang viral, demi untuk mencicipinya. Jadi, inspirasinya makanan dari luar negeri yang saat ini viral, seperti korea garlic bread dan saya berpikir bagaimana bikin pangan lokal dengan tampilan internasional, yakni Cheese Streusel Tape Singkong,” ungkap Koki Pemilik Danish Culinary School, Taufik Hidayat Syah, Kamis (23/7/2020).

Ditangan koki handal, bahan lokal tape dan singkong akhirnya diolah sedemikan rupa, hingga menghasilkan cita rasa yang begitu lezat. Terlebih ditambah topping keju sehingga bagian atas kue makin crunchy.

Menurutnya, banyak yang tidak menyukai tape secara langsung, tapi dengan tampilan seperti ini jadi disukai. Apalagi tekstur kue bagian atasnya yang crunchy dan lembut dibagian dalam.

“Kalau Bogor punya lapis talas, mengapa Banten dan Tangsel tidak menjadikan makanan pangan lokal ini menjadi oleh-oleh khas daerah? Tape selalu ada tanpa mengenal musim dan sangat potensial untuk dikembangkan,” bebernya.

Dirinya mengaku telah mendapatkan permintaan untuk melatih UKM di Dinas Ketahananpangan. Bahkan, pasalnya akan dikembangkan dan dijadikan ciri khas.

“Ya sudah ada tawaran tersebut. Kita juga akan mengembangkan streusel labu kuning, pisang dan durian sebagai pangan lokal yang ada di Banten. Sebagai pengajar, saya harus mengajar kader pangan dan Kelompok Wanita Tani di Provinsi Banten, dengan tantangan bagaimana pangan lokal menjadi daya beli yang tinggi,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments