Warga Tangsel Antusias Mengikuti Swab Test Massal Gratis

oleh -

Palapanews.com- Tingginya antusias rmasyarakat terlihat saat mengikuti swab test massal yang digelar secara gratis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tangsel di Rumah Lawan Covid-19, Ciater, Serpong, Tangsel, Kamis (16/7/2020).

Warga yang datang sengaja mengikuti swab test untuk mengetahui langsung hasilnya. Seperti yang dilakukan Rizky (36) dirinya sering kali berinterakasi dengan banyak orang dan ingin lebih waspada.

“Pengen ikut aja, pengen tau sehat apa enggaknya. Kan, saya sering berinteraksi sama banyak orang, waspada aja karena saya punya anak umur 3 bulan,” ujarnya.

Ia lebih memilih swab test karena tingkat keakuratannya lebih tinggi bila dibandingkan dengan rapid test.

“Belum pernah rapid, karena tingkat rapid sama swab kan jauh. Makanya langsung swab aja, kebetulan ini untuk umum dan gratis, yaudah langsung aja,” imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Deden Deni menjelaskan, program dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten ini sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Tangsel untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Nantinya bisa dipisahkan antara yang positif dengan yang tidak, karena kita punya target menurunkan angka penularan di perpanjangan PSBB sekarang ini,” terang Deden.

Lanjut Deden, wilayah yang akan memasuki transisi menuju adaptasi kehidupan baru atau new normal tentu akan berdampak pada penularan. Terlebih, World Healt Organization (WHO) menargetkan rasio penularan di setiap wilayah. Untuk itu, swab test massal digelar untuk merinci rasio penularan di setiap wilayah.

“Tapi karena ada target WHO, rasionya kan 0,1 persen dari satu minggu dari rasio penduduk idealnya begitu. Apalagi kan di situasi orang yang mulai lalai, orang sudah banyak yang ngumpul, itu sudah mulai aktif lagi. Dikhawatirkan orang salah dan beda persepsi, ketika dilonggarkan dikira wabahnya sudah gak ada,” paparnya. (nad)

Komentar Anda

comments