Cuma 5 Menit, Usir Stres Bisa Lewat Meditasi, Ini Caranya

Palapanews.com- Anda sedang suntuk berat karena dirundung stres berkepanjangan akhir-akhir ini? Entah karena tumpukan pekerjaan di kantor atau bertengkar dengan pasangan, akhirnya Anda malah jadi tidak fokus beraktivitas.

Jika cuti berlibur tidak memungkinkan untuk saat ini, Anda tetap bisa kok mengusir stres dengan cara yang lebih cepat dan murah meriah. Yuk, jajal teknik meditasi yang satu ini! Cuma butuh waktu 5 menit, kok.

Teknik meditasi paling mudah dan efektif

Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, meditasi juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengembalikan fokus Anda. Tenang. Bermeditasi tidak perlu serumit yang Anda lihat di film-film layar kaca.

Berikut caranya yang paling mudah.

1. Cari posisi ternyaman

Tidak perlu sampai mendaki ke puncak pegunungan nun jauh di mata untuk mulai bermeditasi. Cukup cari tempat di sekitar Anda yang nyaman, sepi, dan minim gangguan.

Setelah itu, carilah posisi yang paling enak untuk Anda bersantai. Boleh duduk menyender dengan kaki selonjoran atau duduk bersila dengan letakkan tangan kiri dan kanan di atas lutut. Atau cari posisi lainnya yang membuat Anda nyaman dan santai.

Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan saat ini terasa nyaman dan longgar, ya. Pakaian yang sempit atau posisi duduk yang tidak nyaman bisa mengganggu kelancaran meditasi Anda. Yang ada, suasana hati Anda malah jadi kacau.

Kalau takut kebablasan bersantai, pasang alarm selama 5 menit. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk rileks sejenak dari rutinitas.

2. Rilekskan tubuh

Tutup kedua mata dan kendurkan bahu Anda supaya lebih rileks. Ambil napas dalam lewat hidung, lalu embuskan pelan-pelan.

Coba bayangkan di kepala Anda. Saat Anda menarik napas, rasakan semua energi positif masuk ke dalam tubuh lewat sela-sela jari Anda. Sementara ketika menghela napas, bayangkan semua stres yang menumpuk dalam pikiran Anda ikut terbuang.

Anda bisa memutar musik atau menggunakan aromaterapi untuk membantu menenangkan pikiran. Namun kalau Anda justru susah fokus dengan adanya musik atau wewangian, tidak masalah bila Anda tak ingin menggunakannya.

3. Buang semua pikiran negatif

Sembari mengatur napas, buang jauh-jauh semua pikiran negatif di kepala Anda. Bayangkan saat Anda dimarahi bos di kantor, bertengkar dengan pasangan, atau kejadian lainnya yang membuat Anda suntuk. Setelah itu, segera lupakan semua masalah tersebut dan ambil sisi positifnya.

Ketika Anda berusaha membersihkan pikiran, alam bawah sadar sedang membantu Anda melepaskan semua energi negatif yang bersarang di kepala. Semakin besar penerimaan Anda, maka semakin mudah pula Anda menjernihkan pikiran dari kepenatan.

4. Fokus pada tujuan

Setelah berhasil menenangkan pikiran selama 5 menit, buka mata Anda dan rasakan perbedaannya. Anda dijamin akan lebih fokus dan santai menjalani aktivitas. Bahkan kalau pikiran kembali penat esok hari, Anda akan lebih mampu mengendalikannya dengan tenang.

Supaya hasilnya lebih maksimal, ulangi teknik meditasi ini sesering mungkin dan tambah waktunya. Misalnya bila Anda sudah berhasil melakukan teknik meditasi selama 5 menit, coba perpanjang durasinya menjadi 10 atau 20 menit.

Teknik meditasi yang dilakukan secara rutin tak hanya sekadar membantu Anda jauh lebih rileks dan tenang, tapi juga membuat Anda semakin kebal terhadap stres. Bahkan, Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba berbagai jenis meditasi lainnya yang lebih bermanfaat, seperti dilansir dari Psychology Today.

Hellosehat

Komentar Anda

comments