Manfaat Minum Teh Saffron untuk Kesehatan

oleh -

Palapanews.com- Pernah mendengar teh dari saffron? Jika belum, sudah saatnya Anda mengenal rempah yang satu ini. Bukan tanpa alasan, berbagai manfaat saffron bagi kesehatan sudah mulai dikenal.

Apa itu saffron?

Saffron dipanen dari bunga crocus sativus yang lebih dikenal dengan nama “saffron crocus.” Nama saffron sendiri mengacu pada bagian dari bunga crocus yang berstruktur seperti benang atau stigma (kepala putik).

Stigma ini kemudian dikeringkan. Hasil pengeringan ini lah yang disebut rempah saffron dan butuh sebanyak 75 ribu pucuk bunga saffron untuk menghasilkan kurang lebih setengah kilogram. Maka tidak heran jika saffron merupakan rempah termahal di dunia. Setiap 450 gram saffron dihargai antara 500 hingga 5,000 dolar Amerika atau sekitar 7 hingga 70 juta rupiah.

Selain itu, bunga yang menjadi bahan untuk membuat saffron hanya tumbuh sekitar tiga sampai empat minggu di bulan Oktober dan November saja.

Apa saja manfaat saffron bagi kesehatan?

Berikut beberapa manfaat saffron bagi kesehatan yang wajib diketahui:

1. Antidepresan

Saffron dipanggil juga “sunshine spice” dan nama panggilan ini bukan hanya karena warnanya yang merah dan kadang kuning saja. Rempah ini dipercaya memiliki sifat menambah mood. Pernyataan ini juga dilatarbelakangi oleh sains.

Sebuah peneletian yang sudah cukup lama di Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa manfaat saffron sama efektifnya seperti obat fluoxetine dalam mengobati depresi ringan sampai sedang.

Sebuah penelitian juga menunjukan, mengkonsumsi saffron atau ekstraknya secara langsung selama 6-12 minggu dapat meringankan gejala depresi berat.

Namun, dikatakan bahwa masih perlu penelitian lebih lanjut sebelum manfaat saffon dapat direkomendasikan untuk mengatasi depresi.

2. Mempunyai sifat melawan pertumbuhan sel kanker

Saffron tinggi akan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas yang merugikan. Radikal bebas sendiri dikenal menyebabkan beberapa penyakit kronis dan diantaranya adalah kanker.

Dalam penelitian, manfaat saffron dan senyawanya terbukti dapat membunuh sel kanker pada usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya tanpa mempengaruhi sel normal lain.

Efek ini tak hanya berlaku pada sel kanker di usus besar saja, namun juga pada sel kanker lain pada kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, serviks dan beberapa bagian tubuh lain.

3. Mengatasi gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) dapat menyebabkan beragam gejala tidak nyaman, mulai dari mood-swing hingga ketidaknyamanan pada fisik juga. Sebagian wanita merasakan gejala yang lebih parah. Bagi wanita yang ingin meredakan PMS tapi tidak mau mengandalkan obat-obatan, saffron dapat menjadi alternatifnya.

Penelitian telah munjukan bahwa manfaat saffron dapat membantu gejala PMS. Salah satunya yaitu penelitian terdapat di International Journal of Obstetrics & Gynecology mencoba saffron sebagai pengobatan untuk gejala PMS pada wanita berumur 20 sampai 45 tahun. Para peneliti menemukan bahwa 15 mg saffron dua kali sehari efektif dalam menghilangkan gejala PMS.

4. Meningkatkan memori

Saffron mengandung dua senyawa, yaitu crocin dan crocetin, yang dipercaya oleh para peneliti dapat membantu dalam fungsi belajar dan mengingat. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Phytotherapy Research dengan menggunakan tikus sebagai objek penelitian menemukan, manfaat saffron ini membantu mempermudah belajar dan mengingat.

Penelitian yang menjanjikan ini menunjukan bahwa manfaat saffron berpotensi mengobati penyakit yang menyerang otak, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Tak hanya seperti yang sudah dibahas, manfaat saffron ditemukan dapat membantu meringankan sejumlah penyakit atau kondisi kesehatan lain. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu menemui ahli atau dokter ketika mengidap suatu penyakit dan berkonsultasi apakah penggunaan saffron sebagai pengobatan alternatif dapat membantu mengatasi kondisi kesahatan yang sedang Anda alami.

Hellosehat

Komentar Anda

comments