Bau Menyengat, Tumpukan Sampah TPA Cipeucang Disemprot Cairan Kimia

oleh -
TPA sampah Cipeucang di Serpong. Foto: Instagram Damkar

Palapanews.com- Longsoran sampah TPA Cipeucang yang menutupi aliran Sungai Cisadane di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) terus dilakukan upaya pengerukan menggunakan eskavator atau alat berat.

Tak hanya itu fokus dalam pengerukan sampah yang longsor, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel pun berupaya untuk menghilangkan aroma busuk dengan menyemprotkan cairan kimia beraroma karbol ke tumpukan sampah.

Penyemprotan tersebut menggunakan perbantuan mobil unit milik Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tangsel.

Kepala Damkar dan Penyelamatan Tangsel, Uci Sanusi mengatakan setelah dilakukan penyemprotan cairan tersebut efektif dalam mengurangi bau.

“Kemarin (Jumat) ada penyemprotan di TPA Cipeucang. Iya untuk meminimalisir bau sampah, memang cukup efektif juga formulanya itu, artinya begitu disiram sampah yang kena siram itu bisa mengurangi bau itu,” terang Uci saat dikonfirmasi, Sabtu (6/6/2020).

Uci menjelaskan, ada empat unit mobil yang dikerahkan Damkar Tangsel dengan satu unit mobil berkapasitas 3.000 liter.

“Ada 4 unit. Kalau yang 3.000 liter itu 3 jeriken cairan,” ucapnya.

Damkar Tangsel juga akan siap mengerahkan mobil unitnya dan anggotanya untuk membantu menyemprotkan cairan khusus ke TPA Cipeucang.

“Ya sampai sejauh mana kita dibutuhkan. Jika dikatakan cukup ya kita sudah. Selama mereka membutuhkan kita siap saja membantu,” tutup Uci. (nad)

Komentar Anda

comments