Cara Mencegah Iritasi Kulit Akibat Pemakaian Masker Kain Terlalu Lama

oleh -

Palapanews.com- Menghadapi kenormalan baru atau new normal, pemakaian masker, salah satunya masker kain, saat keluar rumah mutlak harus dilakukan. Masker kain menjadi salah satu pelindung tubuh yang cukup efektif untuk menangkal virus Covid-19.

Namun perlu diketahui, bahwa penggunaan masker dalam jangka panjang dapat menimbulkan beberapa masalah kulit seperti jerawat dan iritasi. Nah, untuk mencegah iritasi kulit akibat masker kain, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Pilih jenis kain yang tepat

Salah satu faktor terpenting dalam mencegah iritasi kulit akibat masker kain adalah memilih jenis kain yang tepat. Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, coba hindari kain polyester karena dapat menjebak keringat dalam pori-pori. Untuk meminimalisir iritasi, gunakan masker dengan lapisan dalam terbuat dari material yang mampu menyerap keringat, seperti katun.

Sementara untuk yang memiliki kulit sensitif, gunakan masker dengan lapisan kain yang tebal pada bagian luar dan lapisan kain lembut pada bagian dalam. Menggunakan kain yang berlapis-lapis tak hanya membantu menghalau mikroba, tetapi juga bertujuan untuk melindungi kulit wajah.
Segera lepas masker ketika berada di rumah

Begitu sampai di rumah, Anda disarankan untuk langsung membuka masker. Selain untuk mencegah benda-benda rumah terkontaminasi bakteri atau virus yang menempel pada masker, hal ini juga betujuan untuk membiarkan kulit Anda kembali bernapas. Jika tetap harus menggunakan masker saat berada di rumah, pastikan untuk menggunakan masker yang baru dan bersih. Namun, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, ya!

Bersihkan wajah sesudah dan sebelum menggunakan masker

Untuk mencegah iritasi kulit akibat masker kain, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Caranya adalah dengan rutin membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker. Membersihkan wajah sebelum menggunakan masker bertujuan untuk mencegah kotoran dan sebum menempel pada masker, sedangkan membersihkan wajah sesudah menggunakan masker bertujuan untuk mencegah tersumbatnya pori-pori. Nah, agar kulit bersih dan tetap lembap, Anda disarankan untuk menggunakan gentle cleanser.

Jika kulit sensitif dan kering, gunakan barrier cream

Gesekan antara masker dengan kulit dapat menyebabkan iritasi, terlebih pada kulit sensitif. Untuk menghindari masalah kulit ini, Anda bisa menggunakan pelembap dengan tekstur yang thick. Sofie Pavitt, seorang ahli kecantikan asal New York, juga menyarankan untuk meminimalisir penggunaan skin care dengan kandungan aktif yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

Jika kulit berminyak dan acne prone, hindari penggunaan makeup

Shari Marchbein, seorang dermatolog asal New York, juga menyarankan Anda untuk tidak mengenakan makeup di bawah masker. Pasalnya, gesekan antara masker dan kulit bisa menyebabkan makeup tergeser dan tertekan, sehingga meningkatkan risiko tersumbatnya pori-pori. Alih-alih menggunakan makeup pada seluruh wajah, lebih baik fokuskan riasan pada area mata dengan maskara, eyeliner, dan eyeshadow. (*)

Sumber

Komentar Anda

comments