Kota Bogor Diprediksi Jadi Daerah Pertama Bebas Virus Corona

oleh -
Ilustrasi. Foto: Net

Palapanews.com- Kabar baik buat masyarakat Kota Bogor terkait wabah virus corona atau Covid-19. Pasalnya, Kota Bogor diprediksi menjadi daerah pertama bebas dari virus corona di kawasan Jabodetabek.

Demikian prediksi yang disampaikan Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Tri Yunis Miko Wahyono, seperti dilansir dari tempo.co, Jumat (8/5/2020).

Menurut Tri, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bogor cukup efektif menekan penyebaran virus corona. “Saya perkirakan Kota Bogor bakal lebih cepat bebas dari virus corona,” kata Tri.

Ia menuturkan tren penularan kasus Corona di Kota Bogor pun terlihat terus menurun. Adapun jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Kota Bogor mencapai 91 orang.

Menurut Tri, Kota Bogor bakal terbebas dari wabah Corona pada awal Juni mendatang jika pemerintah tetap ketat dalam melakukan pembatasan.

“Saya lihat Bogor memang sangat ketat menjalani kebijakan PSBB ini, mungkin karena wali kotanya sudah pernah merasakan bagaimana terserang Covid-19,” tuturnya.

Tri menyarankan Kota Bogor tidak lengah meski bisa menjadi kota yang pertama bebas dari wabah Corona. Sebab, jika lengah maka penularan virus bakal berpotensi kembali terjadi lagi.

“Makanya warga juga harus tetap jaga jarak fisik dan sosial. Dan jangan sampai tidak pakai masker meski wabah sudah mereda,” ujarnya. “Kalau nanti ditemukan lagi maka kalau bisa lakukan lockdown RW,” sebut Tri.

Sedangkan, untuk wilayah Depok bakal lebih lambat penurunan kasus Corona. Sebab, jumlah kasus yang ditemukan lebih banyak. Tri memperkirakan Kota Depok bisa terbebas dari paparan Corona pada awal Juli mendatang. “Sedangkan DKI paling cepat Agustus kalau dari analisa saya,” tandasnya. (red)

Komentar Anda

comments