Negatif Corona, 3 Pasien Rumah Lawan Covid-19 Tangsel Dipulangkan

oleh -
Walikota Tangsel melepas pasien Rumah lawan Covid yang dinyatakan negatif corona. Foto: Ist

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany melepas pemulangan tiga pasien dari Rumah Lawan Covid-19 pada Kamis (7/5/2020). Ketiga pasien tersebut, terdiri dari dua Orang Dalam Pantauan (ODP) dan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah dinyatakan negatif, setelah melalui beberapa tahap pemeriksaan.

“Saya terima kasih kepada bapak ibu dokter dan perawat yang berada di Rumah Lawan Covid-19, dimana tadi ada tiga pasien yang PDP dan ODP yang Alhamdulillah setelah dilakukan pemantauan kurang lebih 14 hari dinyatakan sudah negatif sehingga bisa ketemu dengan keluarga dan keluarganya,” ujar Airin.

Dirinya dengan tegas menyatakan jika mereka sudah terbebas dari Covid-19 dan bisa melakukan aktivitas kembali secara normal.

“Dan mudah-mudahan ini adalah satu ikhtiar kita untuk bisa memutus mata rantai Covid-19. Jadi, mereka kembali beraktivitas, setelah dinyatakan clear tidak ada lagi virus Covid-19 dalam dirinya,” tegasnya.

Airin menambahkan pasien tersebut meminta untuk dikarantina di Rumah Lawan Covid-19, karena keluarganya sudah ada yang positif dan tidak bisa melakukan karantina mandiri.

“Karena ada keluarganya yang positif, jadi dia karantina di sini, karena tidak bisa karantina mandiri di rumahnya tidak ada siapa-siapa. Saat mereka pulang ya otomatis mandiri itu ada, dan sudah enggak ada penyakit Covid-19 lagi. Jadi enggak masalah enggak usah karantina lagi,” papar Airin.

Meski sudah dinyatakan sembuh dan tidak ada Covid-19 serta diberikan surat terbebas dari Covid-19, Airin tetap meminta kepada ketiga pasien untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Terlebih, Tangsel sedang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) periode kedua.

“Jadi masih bisa melakukan aktivitas, tapi dengan melakukan social distancing, physical distancing, kalau keluar rumah pakai masker, keluar rumah seperlunya saja, kan kita lagi PSBB di Tangsel. Tidak berarti misalnya karena sudah negatif tidak ada lagi penyakit Covid-19 dinyatakan clear, terus sudah gitu jadi hidup biasa saja kesana kemari kan enggak juga, karena kan di Tangsel lagi PSBB,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Rumah Lawan Covid-19, Suhara Manullang mengatakan, jika total pasien saat ini yang sedang menjalani masa karantina di Rumah Lawan Covid-19 sudah mulai berkurang.

“Jadi secara total itu 25 yah, yang dirujuk 1, kemudian yang sudah dikembalikan ke rumahnya ada 11, kemudian sekarang 3 sudah dikembalikan ke rumahnya, berartikan 15 yang sudah pulang, berarti tinggal 10 pasien lagi yang masih dikarantina,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments