Pemkot Tangsel Kaji RS Aria Medika Jadi Transit Pasien ODP

oleh -
Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie. Foto: Dok

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menjadikan Rumah Sakit Aria Medika di Kedaung, Pamulang, sebagai tempat transit pasien Orang Dalam Pantauan (ODP). Saat ini, pemerintah daerah sedang melakukan kajian rencana tersebut.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan RS Aria Medika nantinya bukan sebagai tempat perawatan pasien, melainkan hanya transit. Nantinya, pasien ODP bakal diarahkan ke RS tersebut sebagai upaya pencegahan meluasnya Covid-19.

“Jadi begini, itu bukan RS untuk merawat, kan begini pemikiran kita. ODP ini kan enggak ngerasa sakit, tapi mobilitasnya tinggi nah kita berfikir orang-orang ODP yang kita pilih, kemudian kita pusatkan mereka sampai sembuh. Lokasi memang sempat dibahas di situ, kita lagi bikin kajiannya sementara ini,” jelasnya.

Benyamin menjelaskan, pasien ODP bisa saja menjadi carrier lantaran banyak yang tidak patuh dengan mengkarantina mandiri di rumah. Maka itu, untuk menyiasati hal tersebut, pemerintah daerah melakukan upaya karantina ODP dengan disediakan lokasi karantina.

“Kita masih mengkaji lebih dalam. Ini kan ODP jalan-jalan karena enggak ngerasa sakit, bahaya kan dia bisa menjadi carrier. Apalagi ada Orang Tanpa Gejala (OTG) tau-tau positif, mungkin awalnya menular dari ODP. Kita waspadai memutus mata rantai, kita lakukan sesuatu yang tepat minta partisipasi masyarakat,” tuturnya.

Berdasarkan laman resmi Pemkot Tangsel di https://tangerangselatankota.go.id/, hingga 6 April 2020 tercatat 691 kasus Covid-19. Rinciannya, 450 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 185 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 56 positif Covid-19. (nad)

Komentar Anda

comments