Kerja Lewat Google Meeting, KASN Koordinasi dengan BKD Provinsi

oleh -

Palapanews.com Sejak Presiden Jokowi memberikan instruksi bahwa semua Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dari rumah (work from home) kepada Menteri PAN-RB maka KASN sejak Tanggal 18 Maret 2020 dengan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Komisi Apararur Sipil Negara (KASN).

Dengan adanya kebijakan tersebut, KASN berfungsi sebagai lembaga pengawas sistem merit, melalui Kelompok Kerja Pengawasan Penerapan Bidang  Sistem Merit 2, melakukan peran dan tugasnya untuk melakukan pembinaan sistem merit kepada setiap Instansi Pemerintah (Kementerian/Lembaga Pusat maupun Daerah) melalui teknologi Google Meeting.

Komisioner KASN bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 2, Mustari Irawan mengatakan, mekanisme kerja ini dirasakan lebih efektif dan efisien untuk mendukung Kebijakan Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kita mengontrol dan melakukan pekerjaan( rapat, korespondensi, pembahasan, verifikasi awal) melalui Google Meeting dengan para Asisten KASN dan staf,” katanya.

Ia menambahkan, fasilitas Meeting Room menggunakan google meet dilakukan dimasing-masing wilayah kemitraan  diantaranya DKI Jakarta, Banten, Sulsel, Sultra, Maluku dan Sumut.

“Pelayanan KASN dilakukan dengan koordinasi dan komunikasi kemitraan “Gema  Si Merit”,” kata  Mustari seraya menambahkan, dengan waktu yang ditentukan melalui komunikasi Virtual Google Meet dengan jadwal setiap Kamis dan Jumat, yakni pukul 09.00-10.00 WIB dibuka layanan bagi Prov Maluku, pukul 10.00-12.00 WIB utk Provinsi Banten, pukul 13.00-15.00 WIB utk Provinsi Sultra dan DKI dan pukul 15.00-16.30 WIB utk Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin mengatakan, bekerja dari rumah selain menghemat anggaran juga sekaligus daerah yang berada di wilayah pembinaan Sistem Merit KASN tidak harus datang ke kantor KASN di Jakarta.

Kegiatan WFH ini dapat menghemat anggaran perjalan dinas anggota KASN yang tidak harus datang ke daerah. “Secara teknis coaching-mentoring pembinaan sistem merit yang telah dibangun KASN melalui aplikasi Sistem Informasi Penilaian Sistem Merit (Sipinter) setiap hari melalui Google Meeting sangat efisien dan membantu,” ujarnya, saat dihubungi.

Dia berharap, sinergisitas dan kemitraan dalam membangun sistem merit guna misi reformasi birokrasi dengan keunggulan SDM yang dibangun oleh KASN dapat dioptimalkan untuk Indonesia maju.

“Dengan kemudahan teknologi dan peristiwa wabah pandemi virus Corona membawa outcome dan impact untuk KASN maupun IP agar dapat terus mengoptimalkan sinergi dan kemitraan dalam membangun sistem merit,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments