Pemkot Tangsel Maksimalkan Kinerja ASN dengan Sistem Online

oleh -
Kepala BKPP Tangsel Apendi. Foto: Nad

Palapanews.com- Guna memaksimalkan kinerja para pegawai di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pemerintah daerah setempat mulai memberlakukan ASN untuk bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) sebagai langkah pencegahan virus Covid-19 mulai 18 Maret hingga 30 Maret 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel, Apendi mengatakan pelayanan harus tetap menjadi hal utama meskipun ASN di Pemkot Tangsel dirumahkan hingga akhir Maret ini.

“Intinya pelayanan masyarakat tetap berjalan di masing-masing OPD. Sedangkan untuk absensi dan pemantauan kinerja ASN sudah ada teknologi informasi (IT) dengan sistem online yang bisa untuk absensi pegawai dan juga input pekerjaan yang sudah dilakukan,” ujar Apendi di Pemkot Tangsel, Rabu (18/3/2020).

Lanjutnya, pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor hari ini dikerjakan dari rumah dengan sebuah sistem yang sudah dibangun.

“Terkait administrasi dan surat menyurat juga sudah dipermudah dengan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker) dan Aplikasi Penilaian Kinerja (Apik) memudahkan pemantauan ASN yang bekerja di rumah,” ungkapnya.

Selama hampir dua minggu ini menerapkan WFH, maka akan piket bergantian tiap pegawai sehingga akan bergantian yang berada di rumah dan juga di kantor.

“Semisal hari ini saya ada di kantor dan ditemani kabid dan juga staff. Besok akan ada lagi yang bergantian untuk stand by di kantor,” pungkasnya.

Berlakunya WFH ini sesuai dengan edaran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN- RB) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah. (nad)

Komentar Anda

comments