8 RS Swasta di Tangsel Jadi Rujukan Pasien Covid-19

oleh -
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Foto: Dok

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangsel melalui Satgas Percepatan Penanganan Virus Corona (covid-19) menginstruksikan 8 Rumah Sakit (RS) swasta yang ada di Kota Tangsel sebagai lokasi rujukan pasien corona.

Delapan RS swasta tersebut diantaranya, yaitu RS. Sari Asih Ciputat, RS Premiere Bintaro, RSPI Bintaro, Eka Hospital, RS Medika BSD, RS Omni Alam Sutera, RS Bhinneka Bhakti Husada dan RSU Kota Tangsel.

“Kita mendorong RS swasta di Tangsel membuat ruang isolasi untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sementara. Sambil menunggu ke RS Rujukan di Provinsi Banten atau di Jakarta,” ungkap Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di Stasiun Rawa Buntu, Serpong, Kamis (19/3/2020).

Sementara untuk biaya, nantinya akan ditanggung oleh APBD, dengan harapan mendapat bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

“Kita berharap bantuan untuk Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya,” katanya.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Tangsel, Tulus Muladiyono memaparkan, hal tersebut tentunya masih diupayakan, karena menyangkut sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ruang isolasi itu akan digunakan khusus pagi pasien yang terjangkit Corona. Jadi enggak boleh dipakai untuk penyakit lain. Kita menunggu pihak swasta, kalau (pihak swasta) siap, kita menyatakan MoU,” imbuhnya.

Namun, kata Tulus, kalau tidak siap, maka Pemkot Tangsel akan meminta langkah terbaik ke Pemerintah Provinsi Banten. (nad)

Komentar Anda

comments