Pemkot Tangsel Ubah Anggaran 3 OPD Tangani Covid-19

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menginventarisir sejumlah kebutuhan dalam penanganan kejadian luar biasa (KLB) yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Banten, terhadap penyebaran virus corona covid-19.

“Kita sedang sedang diinventarisir saat ini, perlunya pergeseran anggaran di Dinas Kesehatan, BPBD dan di Kominfo,” terang Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, Selasa (17/3/2020).

Menurutnya, saat ini alokasi dana tidak terduga yang masuk dalam APBD 2020 Kota Tangsel, sebesar Rp3 miliar.

“Dikelompok anggaran tidak langsung, saya lupa kalau enggak salah 3 miliar, itu boleh digunakan. Sekarang sedang diinventarisir, untuk apa saja nanti dibelanjakannya,” bebernya.

Penggunaan dana tidak terduga yang sudah dialokasikan tersebut, dimungkinkan untuk digunakan untuk hal-hal diluar yang telah diperhitungkan.

“Didiskusikan penggunaanya untuk apa, yang belanja tidak tetap ini kalau mau digunakan. Kenapa ini bisa digunakan, karena ini kejadian luar biasa yang memang memungkinkan pemerintah daerah menggunakan belanja tak terduga,” imbuhnya.

Menurut Benyamin, dari hasil rapat sementara dengan tiga OPD Dinkes, BPBD dan Kominfo Tangsel, ada sejumlah kebutuhan dalam penanggulangan penangkalan covid-19 ini.

“Dalam bidang sosialisasi, pengumuman penjelasan kepada masyarakat, kemudian juga kita saat ini kekurangan alat perlindungan diri (APD) kita butuh 100 dan ini agak susah barangnya dan mahal. Tapi mahal tidak masalah, asal ada barangnya,” ungkapnya.

Selain itu juga lembelian cairan disinfektan, untuk disemprotkan juga ke area-area publik seperti taman kota.

“Kita baru semprot di kantor Pemkot dan Masjid pemkot saja. Nanti di tempat publik lain seperti taman kota, kita semprotkan juga,” jelasnya. (nad)

Komentar Anda

comments