Secara Online, Mahasiswa UMN Tetap Bisa Ujian dan Kuliah

oleh -

Palapanews.com – Terkait bahaya virus Corona, namun mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara tetap tidak menghentikan kegiatan belajar. Ujian Tengah Semester (UTS) dan perkuliahan dilakukan secara online.

Sehubungan dengan telah ditetapkannya virus Corona sebagai pandemik WHO (World Health Organization), maka Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menerapkan Ujian Tengah Semester (UTS) dan perkuliahan secara online.

“Mulai Senin, 16 Maret sampai Sabtu, 28 Maret, UTS dilaksanakan secara online, sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke kampus. Sedangkan perkuliahan mulai Senin, 30 Maret juga dilaksanakan secara online,” jelas Rektor UMN Ninok Leksono, Senin (16/03/2020).

Hal tersebut termaktub dalam SK Rektor No.075/SK-R/III/2020 tentang Pelaksanaan Ujian Tengah Semester dan Perkuliahan Semester Genap 2019/2020 yang telah disebarkan pada Kamis (12/3). Menurut Ninok, hal ini dilakukan guna meminimalisir interaksi dengan jumlah orang banyak dan mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di lingkungan kampus.

“UMN telah mengantisipasi kemungkinan UTS secara daring (dalam jaringan/online) sejak pekan lalu. Para dosen sudah diminta untuk membuat soal ujian cadangan apabila UTS terpaksa dilaksanakan secara daring. Sistem pengumpulan UTS pun tak jauh beda dengan pengumpulan tugas pada umumnya,” ungkap Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko.

Diakuinya, sebenarnya UTS dan perkuliahan secara online bukanlah hal baru di UMN. Sudah sering digunakan dalam kuliah yang menggunakan e-learning untuk mengumpulkan tugas, hanya yang berbeda adalah skalanya yang lebih besar. Dengan diberlakukannya ujian dan perkuliahan secara online, UMN menghimbau seluruh mahasiswa agar melakukan social distance guna mencegah penularan virus Corona.

“Kami himbau mahasiswa agar melakukan ‘social distance’ dengan lebih banyak tinggal di rumah, menghindari pertemuan yang dihadiri oleh banyak orang atau pergi ke area publik (keramaian) yang berpotensi tertular Covid-19, dan acara lain yang tidak mendesak,” tutup Andrey.

Selain itu, UMN juga menghimbau mahasiswa untuk memantau kondisi kesehatan masing-masing dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika mengalami gejala demam, flu, batuk, atau gangguan pernapasan lain; menjaga higienitas dengan meminimalkan kontak fisik langsung dengan orang lain; serta makan makanan yang sehat dan bergizi. (bd)

Komentar Anda

comments