Okupansi Turun, Hotel di Tangsel Lakukan Efisiensi

oleh -
Assistant Director of Sales Swiss-Belhotel Serpong, Fanny Prasilia. Foto: Nad

Palapanews.com- Turunnya okupansi sejumlah hotel di wilayah Tangsel akibat mewabahnya Virus Corona, membuat managemen hotel harus putar otak. Salah satu langkah yang diambil, yakni melakukan efisiensi seperti penggunaan kamar hanya 3 lantai untuk mengakomodir tamu dan shift karyawan serta promo harga.

“Karena bidang kita sebagai hospitality atau pelayanan maka harus tetap ada dan tidak bisa kalau kita berhenti melayani atau tutup. Kami akan terus berjalan akan tetapi dengan efisiensi di berbagai sektor,” ungkap Assistant Director of Sales Swiss-Belhotel Serpong, Fanny Prasilia, Selasa (17/3/2020).

Berkurangnya Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE), maka manajemen hotel akan berharap pada tamu walk in untuk bisa menambah okupansi hotel.

“Kita juga berharap dari tamu yang Free Individual Tour (FIT) dan tamu yang langsung datang untuk sekedar ngopi atau cicipi sajian kuliner kami,” ujarnya.

Sedangkan untuk efisiensi dari total 12 lantai yang ada di Swiss-Belhotel Serpong ini sementara hanya 3 lantai yang akan digunakan untuk mengakomodir tamu yang datang. Selain itu cafe dan restaurant yang ada mungkin juga aka difokuskan menjadi satu karena masih dalam pembahasan.

“Mulai besok tamu yang datang akan kita arahkan untuk menempati 3 lantai yang kita sediakan, ini lumayan juga untuk kurangi cost kita. Selain itu untuk sajian hidangan akan tetap bervariasi seperti biasa dan jumlahnya yang akan kita sesuaikan dengan jumlah tamu,” ungkap Fanny.

Dari sektor karyawan juga akan memberlakukan efisiensi giliran atau shifting. “Semisal dalam sehari ada 10 orang yang jaga dan untuk efisiensi hanya 5 orang saja, itu langkah kita di hotel,” pungkas Fanny.

Promo juga diberlakukan Swiss-Belhotel Serpong yang turun harga dari rate biasa Rp858.000 dan saat ini jadi Rp735.000. Promo diskon juga up to 35 persen khusus dari website Swiss-Belhotel. (nad)

Komentar Anda

comments