Erika, Atlet Bela Diri Tarung Derajat Wanita Berpotensi

oleh -

Palapanews.com – Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung.

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga dan tahun 1998 resmi menjadi anggota KONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional.

Olahraga bela diri ini menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Meskipun termasuk salah satu olahraga keras, namun cukup diminati oleh kaum hawa. Salah satunya adalah Erika Agustin, atlet cabang olahraga (cabor) Tarung Derajat Kota Tangerang Selatan. Mulai menjadi atlet sejak tahun 2017, gadis yang tercatat sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta di Kota Tangerang inipun berhasil mengukir sejumlah prestasi juara.

“Menurut saya Tarung Derajat ini, beladiri sekaligus olahraga yang bagus, karna saya suka beladiri ini benar-benar beladiri fisik dan yang terpenting sangat menekankan berperilaku etika yang baik,” ungkap Erika.

Erika memiliki jadual latihan di satlat seminggu tiga kali yakni setiap malam Selasa, Kamis, dan Minggu sore. Sedangkan untuk hari lainnya juga ada jadual di satlat lainnya.

“Satlatnya banyak, tapi saya sering di SMK Pustek Serpong dibina oleh pelatih Kang Subhan dan Asisten Pelatihnya Kang Nandar. Saya juga sering berlatih sendiri di rumah buat tambahan aja,” terang Erika. (bd)

 

Biodata 

Nama : Erika Agustin

Alamat : Pondok Aren

Nama Ayah : Suwandi

Nama Ibu : Ngatini (Alm)

Prestasi : 

  1. Medali Emas – Kejurda Junior Piala Walikota Cup II Kota Cilegon
  2. POPNAS 2017 di Semarang
  3. Medali Emas – Walikota Cup IV 2018 Kota Tangerang
  4. Medali Perak – PORPROV V Banten 2018

 

 

 

Komentar Anda

comments